Zaman sekarang begitu canggih sehingga fakta tentang Search Engine Result Page atau biasa disingkat SERP sangat menarik untuk dikupas. Seperti pada nama yang disematkan, SERP adalah halaman web yang menampilkan hasil pencarian suatu keyword. Kemudian, untuk mendapatkan halaman ini tinggal mencari sebuah kata kunci, maka akan muncul halaman hasil.
Bagi orang yang belum mengenal dunia SEO marketing, mungkin SERP adalah hal baru. Namun, bagi mereka yang telah lama berkecimpung, SERP adalah makanan sehari-hari. Bahkan, ilmu pengoptimalannya berkembang dengan ide-ide inovatif. Berbagai terobosan dikembangkan demi SERP. Sepenting itukah tampil di halaman terdepan result page? Kita akan kupas tuntas SERP berikut ini.
Fakta tentang Search Engine Result Page yang Sering Kita Tanyakan
Pertama, tentu untuk yang baru mengenal istilah ini akan bertanya tentang pengertiannya. Seperti sudah sedikit disinggung di atas bahwa SERP adalah suatu halaman hasil pencarian kata tertentu. Laman ini didapat dari mengetik kata kunci pada kolom pencarian. Informasi yang keluar sangat banyak. Oleh karena itu, tidak hanya muat ke dalam satu halaman.
Mesin pencari biasanya menampilkan belasan halaman. Kita dengan mudah dapat memilih artikel atau website mana yang sesuai dengan apa yang kita cari. Namun, ada perbedaan antara halaman depan dengan halaman selanjutnya. Pengguna internet biasanya lebih tertarik dengan apa yang ditampilkan di halaman pertama. Inilah yang disebut SERP.
Website dan artikel yang tampil di halaman pertama adalah yang paling banyak dibaca. Oleh karena itu para ahli marketer berlomba menemukan cara agar artikelnya mendapatkan slot di halaman pertama saat kata kunci diketikkan.
Mesin pencari tidak hanya 1, melainkan ada beberapa. Tiap-tiap mesin memiliki algoritma sendiri. Namun, tetap saja ada mesin yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas. SERP halaman pertama yang dimunculkan pun dapat menghasilkan susunan yang berbeda.
Fungsi dan Fakta tentang Search Engine Result Page
Jika SEO merupakan bidang kerja kita, maka sudah tentu kita akrab dengan istilah SERP. Namun, bagaimana dengan fungsinya? Apakah para pelaku marketing online mengetahui dengan jelas atau hanya menjalankan tugas dari atasan? Yuk kita kulik.
Para pebisnis online mem-fungsikan SERP sebagai tolok ukur atau patokan mutu suatu blog dibandingkan dengan blog lain. Blog yang sangat baik akan berada pada halaman depan. Setiap hari (bahkan setiap waktu) internet memperbarui informasi yang ada. Halaman-halaman terbaru juga muncul pada setiap waktu. Maka dari itu, upaya mempertahankan eksistensi di internet adalah dengan cara memperbarui konten. Dengan cara tersebut, kita telah menjaga sekaligus (bisa saja) menaikkan level SERP.
Ada pembagian pada fungsi SERP secara garis besar berdasar pemakai mesin tersebut yaitu administrator situs dan pengguna internet yang mencari informasi.
Website Owner (Pemilik Laman Situs)
Orang juga menyebut pemilik website ini dengan istilah webmaster. Pemilik situs memberdayakan SERP sebagai alat ukur kesuksesan SEO. Cara menggunakannya adalah menilik ranking untuk kata kunci yang digunakan.
Jika hasil pencarian menempatkan situs pada baris atas, boleh disimpulkan bahwa situs tersebut berhasil dalam menjalankan SEO. Kesimpulan sebaliknya juga dapat ditarik apabila situs tidak berada di baris atas hasil pencarian. Perusahaan kemudian menggunakan SERP sebagai dasar maintenance (jika hasil yang didapat kurang baik).
Pencari Informasi
Bagi pengguna internet yang sedang mencari informasi, SERP merupakan daftar calon sumber informasi atau hasil dari apa yang sedang dicari. Mereka pun akan mempunyai banyak opsi dari daftar yang muncul. Ini juga berhubungan dengan kepercayaan pencari informasi. Rata-rata mereka akan lebih mempercayai sumber informasi yang berada di halaman depan dan baris atas.
Banyak yang melihat kualitas dari faktor tersebut. Kesesuaian dengan kata kunci juga alasan yang besar pengguna lebih menyukai apa yang tersaji di halaman awal. Semakin ke belakang, konten yang ditampilkan semakin kurang berhubungan dengan kata kunci.
Terkadang, faktor lain juga mempengaruhi yaitu keefisienan waktu. Pencari informasi yang terburu-buru dan membutuhkan informasi secara cepat cenderung lebih memilih hasil di awal. Dari pada harus terlalu lama mencari ke halaman hasil berikutnya, biasanya mereka akan memilih yang paling cepat tampil.
Tujuan
Tujuan dan fungsi ialah fakta tentang search engine result page yang tidak jauh berbeda. Namun, esensi dan titik beratnya sedikit berlainan meski saling mendukung. SERP bertujuan untuk memberikan daftar situs yang muncul sebagai hasil pencarian kata kunci tertentu. Berdasarkan kata kunci tersebut, SERP memberikan daftar situs yang relevan.
Apakah SERP dengan SEO Sama?
Banyak pelaku bisnis yang baru mengawali digital marketing salah kaprah tentang kedua hal ini. Kedua hal ini tidak sama meski memang keduanya berhubungan dengan media pencari. Namun, keduanya saling mendukung dalam dunia digital marketing. Jika menginginkan kesuksesan dalam internet marketing, maka dua hal ini harus bersinergi.
Bagaimana SEO Mendukung SERP?
Jika sebuah konten sudah menerapkan kaidah SEO dengan baik, maka konten tersebut berkesempatan besar untuk tampil di halaman depan SERP, sehingga value-nya di mata pengguna akan tinggi. Dampak bagi usaha adalah akan dilirik oleh lebih banyak orang kemudian akan bermuara pada larisnya penjualan barang dan jasa. Namun, 'laris' atau ramainya pembeli bukanlah tujuan utama perusahaan.
Baca Juga: Apakah yang Membedakan Jasa Website yang Satu dengan yang Lainnya?
Semua pemilik usaha memang ingin produknya laris terjual di pasaran. Tujuan SEO dan SERP lebih dari itu yaitu mengokohkan suatu usaha agar namanya semakin melambung. Eksistensi sebuah usaha itu sangat penting agar tidak sekedar laris, tapi bertahan dan semakin berkembang menjadi perusahaan yang besar.
Kiat agar Bisa Berada di Halaman Pertama
Posisi halaman pertama pada SERP bahkan berada di urutan atas adalah fakta tentang search engine result page yang menjadi impian digital marketer. Meraih posisi ini mengisyaratkan bahwa seorang digital marketer telah sukses melakukan tugasnya. Ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk meraih posisi idaman ini.
Sebenarnya, mendapat posisi ini bukan merupakan jaminan bahwa perusahaan akan benar-benar 'sukses' dalam offline maupun online. Bahkan hingga sekarang hal ini masih didiskusikan dan diperdebatkan. Namun, tetap saja posisi ini mendatangkan banyak keuntungan.
Beberapa hal yang bisa didapat dari meraih halaman pertama SERP yaitu brand awareness akan meningkat, meningkatnya PPC (pay per click) yang akan mendatangkan uang.
Inilah kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk meraih halaman pertama:
Gunakan Backlink
Backlink adalah suatu link atau tautan yang akan mengantar pencari informasi ke laman situs kita. Dengan backlink, situs milik kita akan mendapatkan popularitas lebih tinggi. Selain itu, link ini memudahkan pencari informasi mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Menaikkan Nilai Domain Authority (DA)
DA adalah suatu penilaian terhadap tingkat kepercayaan suatu laman situs. Jika nilai DA tinggi maka akan lebih mudah untuk mendapat posisi idaman dalam SERP. Unsur yang dinilai adalah jumlah pengunjung, jumlah konten, dan lama berdirinya.
Beberapa fakta tentang search engine result page telah diungkap di atas, fakta mana yang mengejutkan buat Anda?