Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Strategi Digital Campaign

Strategi Digital Campaign Sangat Penting, Ini 6 Alasannya

July 21, 2022
No comments
Share

Strategi digital campaign tidak bisa lagi dipisahkan dengan internet marketing. Karena tanpa kampanye digital, pemasaran tidak akan bisa maksimal. Mengingat transformasi bisnis telah beralih dari tradisional menuju ke arah digital.

Yang dinamakan dengan strategi digital campaign adalah rangkaian cara yang dilakukan untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap sebuah brand, tidak hanya akan meningkatkan penjualan, tetapi juga memperluas jangkauan pasar.

Alasan Pentingnya Strategi Digital Campaign

Strategi kampanye digital tidak hanya dilakukan oleh online marketer saja. Tapi juga beberapa pebisnis konvensional yang masih membuka toko secara offline.

Karena internet marketing lebih ampuh memperluas jangkauan pasar. dibanding dengan teknik konvensional. Seperti menggunakan brosur, pasang pamflet, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa alasan mengapa melakukan strategi digital campaign itu penting.

Menguasai Pasar Online

Beberapa tahun terakhir, pasar online benar-benar menguasai perdagangan. Bahkan beberapa swalayan besar terpaksa menutup beberapa cabangnya karena sepi. Pembeli lebih memilih berbelanja online karena lebih mudah dan fleksibel.

Awalnya pasar online hanya untuk produk-produk tertentu saja. Seperti fashion, perlatan rumah tangga, atau gadget saja. Namun sekarang merambah ke barang dagangan lainnya. Seperti motor, mobil, hingga properti.

Tidak hanya produk lokal saja. Tapi juga produk-produk dari luar negeri. Luasnya jangkauan internet membuat komoditas luar negeri bisa sampai sampai ke pembeli dalam negeri.

Dengan menerapkan strategi kampanye digital, marketer bisa menguasai pasar online dengan mudah. Lebih unggul dibandingkan dengan pesaing. Menjadi produk terlaris karena brand awareness yang semakin meningkat.

Biaya Terjangkau

Dulu, sebelum ada internet marketing, hanya perusahaan besar yang memiliki kesempatan kampanye produknya di televisi. Karena memasang iklan di televisi sangat mahal. Bahkan hanya untuk iklan selama 30 menit saja bisa menghabiskan biaya ratusan juta.

Tapi tidak untuk sekarang. Digital marketing memberi kesempatan pada pengusaha kecil menengah untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Dengan cara memasang iklan di internet.

Internet marketing memungkinkan siapapun mendapatkan lalu lintas dengan gratis. Salah satunya adalah dengan membuat website dan mengoptimasinya dengan menggunakan SEO.

SEO atau Search Engine Optimization memang tidak mudah. Tapi jika paham tekniknya, bisa meningkatkan traffic dan ranking dengan efektif. Tapi jika SEO dirasa terlalu lama, Anda bisa memilih paid advertising seperti Google Ads.

Google Ads memang berbayar karena memungkinkan naik ranking secara instan. Sayangnya cara ini harus disertai dengan biaya iklan. Meski berbayar, namun masih lebih murah dibandingkan dengan iklan televisi.

Lebih Terukur dan Bisa Dikontrol

Memasang iklan secara offline seperti spanduk, billboard, di koran, televisi, ataupun brosur sulit mengontrol tingkat keberhasilannya. Satu-satunya cara apakah iklan yang dipasang efektif atau tidak dengan cara melihat penjualan.

Kalau penjualan naik, tandanya iklan tersebut berhasil. Tapi kalau tidak, berarti iklan tidak berhasil. Sulitnya pengukuran tingkat keberhasilan inilah yang membuat iklan offline tidak bisa dikontrol.

Berbeda jika menggunakan kampanye digital. Dengan menggunakan strategi digital campaign, Anda bisa mengontrol sekecil apapun biaya iklan yang dikeluarkan.

Salah satunya adalah melihat lalu lintas website setiap harinya. Berapa yang mengklik iklan. Berapa yang melihat landing page. Siapa saja mereka. Datang dari mana, apa hobinya, apa jenis kelaminnya, dan lain sebagainya.

Bahkan secara real time juga bisa melihat bagaimana ketertarikan audiens terhadap konten yang Anda buat. Dengan cara melihat interaksi mereka pada kolom komentar, membagikan postingan Anda hingga jumlah like.

Terukurnya kampanye iklan inilah yang bisa digunakan sebagai alat ukur atau parameter untuk menentukan iklan berhasil atau tidak. Untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan apa langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

Apakah akan melanjutkan iklan yang sama, mengurangi atau menambah, atau bahkan menghentikan sama sekali. Kemudahan alat ukur inilah yang tidak bisa didapatkan pada iklan offline.

Menentukan Target Marketing

Dalam proses riset dan development, setiap bisnis pasti menetapkan target market sekaligus posisinya dengan pesaing. Tujuannya adalah untuk mempermudah marketing sekaligus memberikan service yang berbeda dengan pesaing.

Strategi digital campaign memungkinkan Anda menentukan segmentasi pasar yang sesuai. Menurut berbagai kriteria. Seperti jenis kelamin, tingkat usia, minat, kesukaan, dan lain sebagainya.

Fungsinya apa? Membuat konten yang berbeda untuk segmentasi dan positioning yang berbeda. Cara ini cukup efektif untuk membuat konten yang relevan dengan customer. Hingga mudah untuk melakukan pendekatan.

Sebagai gambaran sederhana. Misalkan Anda akan menjual vape atau rokok elektrik. Rokok kekinian ini identik dengan kaum milenial. Dari sini bisa menentukan siapa saja target market yang akan disasar.

Seperti laki-laki, usia 15 hingga 50 tahun, suka berpetualang, hobi nongkrong, banyak aktif di Instagram, YouTube, dan TikTok. Dari segmentasi ini bisa dilihat. Anda bisa menjangkau mereka dimana, dengan konten seperti apa, dan jam berapa saja.

Jika sudah mengetahui informasi seperti ini, maka akan langsung terbayangkan. Konten seperti apa yang akan Anda buat. Jam berapa saja bisa menyapa mereka di social media untuk melakukan kampanye, dan lain sebagainya.

Customer Relationship Manajemen yang Mudah

Perlu diketahui bahwa customer yang loyal adalah asset perusahaan yang mahal. Perlu dijaga dengan hubungan yang baik dengan pelanggan.

Sayangnya, hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang bisa melakukannya. Mengingat biayanya yang sangat mahal.

Dengan menggunakan strategi digital campaign, Anda bisa melakukan customer relationship management (CSR) dengan mudah. Seperti menggunakan akun social media untuk menyapa mereka secara relationship.

Anda juga bisa menyapa mereka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Mendengar kritik dan saran, komplain, bahkan usulan tentang produk atau layanan baru yang mungkin bisa ditambah.

Lebih Fleksibel

Fleksibilitas kampanye digital selalu lebih unggul dibandingkan dengan kampanye konvensional. Dengan cara digital, Anda bisa memasang iklan dengan budget berapapun.

Bayangkan jika masih menggunakan billboard. Perlu dana besar untuk bisa memasang iklan di tepi jalan raya. Hanya perusahaan besar yang bisa melakukannya. Berbeda jika iklannya digital. Bahkan uang 10 ribu saja bisa dijadikan biaya iklan.

Tapi selalu ingat, bahwa semakin tinggi budged iklan yang dikeluarkan, maka semakin baik pula performa iklan yang didapatkan. Jadi, pastikan memberikan biaya iklan sesuai kebutuhan.

Dengan adanya parameter keberhasilan iklan, advertiser bisa kapanpun mengganti konten, mengganti cara iklan, atau melihat trial dan error lainnya. Dengan cara yang mudah dan murah.

Sehingga bisa dengan mudah menemukan konten dan iklan apa yang sesuai dengan audiens.

Itulah 6 alasan mengapa Anda perlu melakukan strategi digital campaign. Dengan cara ini, website dan social media bisa memberikan insights yang sesuai untuk customer. Mempertahankan mereka sebagai pembeli loyal. Hingga akhirnya tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik. Bagaimana? Sudah siap melakukannya?

SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan.

Selain itu, kami sudah menjadi bagian dari Google Partner, jadi kredibilitas dan cara kerja kami seluruhnya akan kami dedikasikan yang terbaik untuk Anda. Kami pun selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down