Dalam bisnis online, manfaat testimoni pelanggan tidak bisa diragukan lagi. Yang dimaksud dengan testimoni pelanggan adalah pernyataan secara jujur dari pelanggan tentang produk atau layanan yang pernah digunakan.
Pernyataan ini merupakan bentuk kejujuran apakah mereka merasa puas dengan produk yang digunakan atau tidak. Tidak hanya produknya saja, tapi juga pelayanan admin, penjual, kemudahan transaksi, dan lain sebagainya.
Testimoni memiliki peran yang sangat penting. Karena dengan membaca atau melihat testimoni, calon pembeli akan memutuskan membeli atau menggunakan jasa Anda atau tidak. Jadi pastikan untuk mengumpulkan berbagai testimoni lalu mencantumkan di website atau toko online Anda.
Manfaat Testimoni Pelanggan
Jika ingin bisnis online berjalan dengan baik, jangan remehkan testimoni pelanggan. Karena testimoni memiliki beberapa manfaat, seperti:
Memberikan Kepercayaan pada Konsumen
Manfaat testimoni pelanggan yang pertama adalah memberi kepercayaan pada konsumen. Testimoni yang positif dari pelanggan tetap akan mempengaruhi pola pikir calon konsumen lainnya. Dengan membaca testimoni positif, mereka akan percaya bahwa produk tersebut memang layak untuk dicoba.
Begitu pula sebaliknya. Testimoni yang negatif juga akan memberi pengaruh yang kuat untuk calon konsumen baru. Pengakuan yang jujur tentang produk yang negatif akan menyurutkan langkah calon pembeli untuk menekan tombol beli atau call to action.
Maka jangan abaikan testimoni pelanggan. Karena sebagus apapun copywriting yang Anda gunakan, tapi jika testimoni pelanggan negatif, maka sulit untuk membujuk pembeli untuk mencoba produk Anda.
Sebagai Bahan Evaluasi
Pernyataan yang jujur dari konsumen akan membuat Anda paham mengenai kualitas produk atau layanan. Apakah produk bisa diterima pasar atau tidak. Apa kelebihan dan kekurangan di mata pelanggan.
Testimoni ini bisa dijadikan bahan evaluasi. Bagian mana yang harus diperbaiki. Dan bagian mana yang harus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.
Jangan takut untuk menerima testimoni negatif dari pelanggan. Karena dari sinilah Anda bisa berbenah untuk memperbaiki agar bisnis bisa berjalan lebih baik lagi.
Sebagai Media Marketing
Perlu diketahui ada satu perilaku konsumen setelah mencoba sebuah produk baru. Mereka akan langsung memberi komentar dan dengan sukarela akan menyebarkan pada orang lain. Baik tentang kepuasan atau kekecewaan menggunakan produk tersebut.
Ini bisa dijadikan sebagai media marketing yang baik. Karena pengaruh testimoni sangat kuat untuk pelanggan selanjutnya. Dibandingkan dengan memasang iklan yang mahal, pengaruh testimoni justru lebih kuat meski didapatkan dengan gratis.
Sebagai Customer Reward
Manfaat testimoni pelanggan yang tak kalah menarik adalah sebagai customer reward. Ini bisa terjadi jika Anda membalas dengan baik testimoni yang mereka berikan di toko online Anda.
Baca Juga: Mau Tingkatkan Omzet dengan Iklan? Berikut Ini Kelebihan dari Facebook Ads dan Instagram Ads
Perlu diketahui bahwa pada dasarnya, setiap orang butuh apresiasi dan suka kalau diberi apresiasi. Balasan Anda pada komentar testimoni mereka di toko online adalah sebentuk apresiasi terhadap pelanggan. Reward yang akan membuat pelanggan senang dan nyaman.
Jika mereka merasa senang dan nyaman, tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan yang loyal. Sehingga repeat order akan terus Anda dapatkan dengan kenaikan omset yang lebih baik lagi.
Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan
Dari beberapa penjelasan terkait manfaat testimoni pelanggan di atas, mungkin Anda akan bertanya. Bagaimana cara mendapatkan testimoni dari pelanggan.
Ingat! Testimoni tidak hanya datang dalam bentuk positif. Kadang ada juga yang datang dalam bentuk negatif. Sebagai penjual, Anda tidak bisa meminta pelanggan memberi testimoni yang positif saja. Tapi Anda tetap bisa melakukan berbagai cara agar tidak ada testimoni negatif yang mampir di toko Anda.
Aktif Berinteraksi dengan Pelanggan
Cara pertama untuk mendapatkan testimoni pelanggan adalah selalu aktif berkomunikasi dengan pelanggan. Caranya beragam. Mulai dari membalas komentar mereka di media sosial, membalas chat pribadi, membalas email, hingga menyapa mereka di komunitas tertentu.
Anda juga bisa meminta testimoni secara langsung. Baik melalui chat pribadi seperti WhatsApp, Instagram, Messenger, dan lain sebagainya. Atau bisa juga meminta mereka menulis testimoni langsung di toko online pada marketplace.
Menghargai Testimoni Pelanggan
Apapun respon dan testimoninya, cobalah merespon dan menghargai dengan baik. Balas setiap testimoni dengan kalimat terima kasih dan ucapan yang positif. Karena membalas komentar negatif dengan kalimat yang negatif juga justru hanya akan memberi kesan negatif pada toko Anda.
Jika ada komentar yang negatif, berikut contoh jawaban yang tepat :
"Terima kasih telah berbelanja di toko kami. Dan terima kasih atas testimoni dan masukannya. Kami minta maaf jika ada yang kurang berkenan bagi Kakak. Ini masukan yang cukup baik untuk toko kami. Segera kami akan berbenah untuk lebih baik lagi."
Atau kalimat lain yang sopan dan santun sesuai dengan produk atau layanan di toko Anda.
Aktiflah di Media Sosial
Media sosial adalah tempat curhat. Sepertinya ini ungkapan yang tepat bagi Anda yang ingin mengetahui testimoni pelanggan. Biasanya mereka akan mengungkapkan kepuasan atau kekecewaan atas barang yang mereka beli di media sosial.
Dengan selalu aktif di media sosial, Anda akan bisa melihat apakah pelanggan kecewa atau puas. Cara ini memang tidak bisa ditunggu atau dipastikan. Karena tidak semua pelanggan akan memposting apa yang mereka rasakan terkait produk yang mereka beli.
Gunakan Hadiah
Tidak semua pelanggan mau memberi testimoni meski mereka merasa puas. Jika ini terjadi, Anda harus memberi umpan pada mereka. Salah satunya adalah dengan memberi hadiah bagi yang beruntung dengan cara memberi testimoni.
Hadiahnya beragam. Bisa hadiah langsung atau bisa juga dengan pemberian diskon pada pembelian selanjutnya.
Berikan Pertanyaan
Manfaat testimoni pelanggan sangatlah penting bagi bisnis. Inilah alasan mengapa Anda harus berusaha mendapatkannya. Salah satunya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana tapi tetap berkesan.
Baca Juga: Contoh Strategi Marketing dari 9 Perusahaan Top Dunia Ini Bisa Ditiru
Seperti "Apa kesan Anda setelah menggunakan produk kami?" Atau "Alasan apa yang membuat Anda memutuskan menggunakan produk kami?"
Dengan pertanyaan seperti ini, pelanggan akan senang hati memberikan testimoni tentang produk yang digunakannya.
Ada Laman Khusus Testimoni
Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan memberikan laman khusus testimoni pada website. Pastikan laman mudah dijangkau oleh visitors. Tempatkan pada awal halaman atau beranda. Tempat pertama yang akan dikunjungi oleh visitors.
Beri Opsi Lain
Tidak hanya memberi tempat pada komentar di toko online marketplace. Atau pada website marketing dan media sosial marketing. Anda juga bisa memberi opsi testimoni dengan menggunakan video. Untuk menarik pelanggan yang lebih suka membuat video daripada membuat testimoni dengan tulisan.
Ternyata testimoni pelanggan bukan hiasan saja. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk perkembangan bisnis. Baik untuk menambah layanan, mengevaluasi atau bahkan mengurangi beberapa hal yang tidak diperlukan.
Dari beberapa manfaat testimoni pelanggan di atas, tentu Anda akan tahu. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan testimoni terbaik. Dan pastikan setiap pelanggan mau memberi testimoni terbaiknya.