Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Strategi Marketing yang Baik

Penjualan Lebih Melejit dengan 8 Strategi Marketing yang Baik Ini

July 7, 2022
No comments
Share

Bicara terkait bisnis yang sukses, tidak akan melewatkan mengenai strategi marketing yang baik. Tidak hanya baik saja. Tapi juga tepat sesuai dengan produk atau layanan yang dikeluarkan.

Strategi bisnis yang tepat akan menuntut bisnis menjadi lebih cepat berkembang. Seperti layaknya ikan, akan lebih berkembang jika berada di kolam yang kondusif. Begitu pula bisnis, akan lebih cepat berkembang dengan pemasaran yang tepat.

Marketing memang hal paling sulit pada bisnis. Inilah alasan mengapa perlu ilmu khusus terkait pemasaran. Tentang bagaimana cara memasarkan dengan efektif dan efisien.

8 Langkah Strategi Marketing yang Baik

Marketing tidak hanya sebatas menawarkan layanan atau produk pada calon konsumen. Lebih dari itu. Marketing adalah serangkaian cara agar produk atau layanan bisa dikenal dengan baik oleh khalayak.

Marketing juga melakukan step by step membangun brand awareness. Agar konsumen dan khalayak lebih memilih menggunakan produk Anda dibandingkan dengan kompetitor atau barang substitusi.

Agar tidak salah langkah, berikut beberapa langkah strategi marketing yang baik untuk setiap bisnis.

Mengenali Target Market

Ada satu fakta menarik terkait bisnis waralaba minimarket yang terkemuka. Sebelum memutuskan akan menjual apa, mereka melakukan survei. Dengan cara melihat isi tempat sampah yang ada di depan rumah warga.

Lalu, mencatat sampah apa saja yang ada di dalamnya. Inilah contoh survei sederhana yang dilakukan untuk menentukan produk apa yang benar-benar dibutuhkan masyarakat setempat. Dan ternyata cara ini cukup membantu.

Inilah langkah marketing yang pertama, yaitu mengenali target market. Lakukan survei sederhana terkait produk apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Bagaimana cara distribusi paling tepat hingga ke tangan konsumen.

Dan jangan lupa. Tanyakan pula pada mereka. Cara pembayaran apa yang mereka inginkan. Mengingat banyak sekali pilihan cara pembayaran yang bisa dilakukan. Mulai dari cash, transfer, hingga menggunakan e-money.

Lakukan Promosi yang Tepat

Setelah mengetahui produk apa yang akan Anda jual lengkap dengan target marketnya, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan promosi yang tepat.

Yang dinamakan dengan promosi yang tepat adalah yang sesuai dengan kondisi target market. Di mana mereka banyak ditemukan, dan dengan cara apa menjangkau keberadaan mereka.

Ada dua cara marketing yang bisa dilakukan, yaitu secara online dan offline. Online marketing adalah melakukan promosi dengan menggunakan internet. Sedangkan marketing offline adalah cara marketing di luar jaringan internet.

Mana yang paling efektif? Sesuaikan dengan kebutuhan, sasaran target market, dan budget biaya.

Satu gambaran saja. Misalkan Anda menjual produk perabotan rumah tangga. Dengan target market ibu muda. Marketing yang paling efektif adalah dengan menggunakan online marketing. Dengan social media ataupun WhatsApp.

Cara ini cukup ampuh menjaring target market lebih luas. Mengingat ibu muda lebih banyak menghabiskan waktu di internet. Dibandingkan dengan melihat televisi.

Selain menggunakan internet marketing, tidak ada salahnya mencoba selebaran, banner, atau spanduk. Ini bisa dilakukan jika Anda juga membuka toko offline. Namun cara ini hanya bisa menjangkau audiens radius 5 kilometer saja.

Membuka Toko di Lokasi Strategis

Membuka toko online memang lebih hemat. Tapi tidak ada salahnya membuka toko offline juga. Ini akan meningkatkan nilai kepercayaan publik terhadap bisnis Anda.

Calon pembeli akan lebih percaya pada toko online yang juga memiliki toko fisik. Selain itu, toko fisik juga bisa digunakan untuk melakukan retur dan layanan purna jual jika ada masalah pada barang yang sudah dibeli.

Strategi marketing yang baik untuk toko fisik adalah membuka toko di lokasi yang ramai dan strategis. Seperti di kawasan perkantoran atau di tepi jalan protokol.

Mungkin harga sewa atau beli ruko di kawasan ramai seperti ini lebih mahal. Namun ini akan sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Membuat Budget yang Sesuai

Tidak hanya produksi dan distribusi saja yang membutuhkan biaya. Marketing juga membutuhkan biaya. Bahkan ada beberapa bisnis yang menganggarkan biaya marketing lebih besar dibandingkan dengan biaya lainnya.

Memang ada beberapa online marketing yang bisa dilakukan dengan gratis. Seperti menggunakan social media, website, ataupun email. Tapi jika ingin meningkatkan trust, sebaiknya gunakan internet marketing berbayar.

Contohnya saja menggunakan hosting dan domain berbayar. Tidak hanya itu, dengan pasang iklan di Facebook Ads, Google Ads, ataupun platform berbayar lainnya juga bisa.

Selain lebih banyak menjangkau target market, ini juga akan meningkatkan profesionalisme bisnis. Pilih saja iklan berbayar sesuai budget yang dimiliki.

Buatlah anggaran marketing yang sistematis. Karena marketing tidak hanya sekali saja, tapi berkali-kali. Karena bisa jadi marketing pertama justru pada orang yang salah.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Pernahkah Anda bertanya apa perbedaan penjualan dengan marketing? Sekilas dua hal ini tampak sama, tapi ternyata berbeda.

Penjualan hanya fokus menjual produk. Sedangkan marketing memiliki tujuan yang lebih Panjang, yaitu mencapai tujuan bisnis. Oleh karena itu, marketing selalu dilakukan secara berkelanjutan.

Salah satunya dengan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Cara ini cukup efektif untuk mengikat mereka menjadi pelanggan tetap dan loyal.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Seperti menerima kritik dan saran dari mereka. Yakinkan diri sendiri bahwa tidak ada produk yang sempurna. Termasuk produk yang Anda keluarkan.

Mendengar saran dan kritik dari pelanggan tidak hanya menjalin hubungan yang baik. Tapi juga memperbaiki ketidaksempurnaan produk agar lebih baik lagi.

Membangun Toko Online

Marketplace memang tempat yang ideal untuk jualan. Selain gratis, juga lebih dekat dengan target market. Tapi tidak ada salahnya membangun toko online sendiri. Dengan membuat website atau social media marketing.

Tujuan utamanya adalah agar brand dan bisnis lebih mudah dikenal. Selain itu, toko online sendiri sifatnya investasi jangka panjang. Sehingga lebih long time. Lebih menguntungkan untuk tujuan jangka panjang.

Perbanyak Reseller dan Dropshiper

Reseller dan dropshiper adalah cara strategi marketing yang baik paling untuk memperluas pasar. Mungkin Anda memang harus menjual dengan harga yang lebih rendah. Untuk membagi keuntungan dengan reseller dan dropshiper.

Namun cara itu bisa digunakan untuk memperkecil biaya distribusi. Memperluas jangkauan pasar tanpa harus mendatangi pelanggan satu per satu.

Gunakan Jasa Endorse

Endorse adalah cara promosi pada pengikut selebgram. Dengan memanfaatkan jasa para selebgram. Cara ini memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun biaya itu akan sebanding dengan keuntungannya.

Biasanya semakin banyak jumlah followers, semakin besar pula harga yang ditetapkan. Maka pilihlah selebgram yang tidak hanya sesuai dengan jenis produk. Tapi juga yang mematok harga sesuai budget.

Nah, itulah 8 strategi marketing yang baik untuk bisnis. Memang tidak semua harus diterapkan. Karena kebutuhan marketing tiap bisnis berbeda. Anda hanya perlu mengadopsi sesuai dengan kebutuhan saja.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down