Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
5 Kesalahan Beriklan di Dunia Digital Marketing

5 Kesalahan Iklan di Dunia Digital Marketing, Poin 4 Bisa Buat Fatal!

October 16, 2022
No comments
Share

Kesalahan iklan dalam digital marketing — Menerapkan sistem digital marketing tidak semudah yang kamu bayangkan. Banyak hal yang perlu kamu tahu agar produk bisa menarik banyak klien. Bahkan, beberapa perusahaan terkadang juga melupakan kesalahan ketika menggunakan metode dan konsep digital marketing. Jika kamu berencana membuat produk atau industri kecil-kecilan, pahami dulu lima kesalahan beriklan di dunia digital marketing.

Apa itu Kesalahan Iklan?

Kesalahan iklan adalah kesalahan yang dilakukan dalam pembuatan, pengaturan, dan distribusi iklan yang dapat menyebabkan kerugian finansial dan merusak reputasi bisnis Anda. Kesalahan iklan bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti ketidakpahaman tentang hukum iklan, ketidakpahaman tentang produk atau layanan yang dipromosikan, atau bahkan kesalahan manusia.

Jenis-jenis Kesalahan Iklan

Berikut adalah beberapa jenis kesalahan iklan yang sering dilakukan:

1. Kesalahan Fakta

Kesalahan fakta adalah salah satu jenis kesalahan iklan yang sering terjadi. Kesalahan fakta bisa terjadi ketika iklan mengandung informasi yang tidak akurat atau tidak benar tentang produk atau layanan yang dipromosikan.

2. Kesalahan Kredibilitas

Kesalahan kredibilitas adalah kesalahan yang merusak reputasi bisnis Anda. Kesalahan ini terjadi ketika iklan mengandung klaim yang tidak dapat dibuktikan atau tidak sesuai dengan kenyataan.

3. Kesalahan Hukum

Kesalahan hukum adalah kesalahan yang terjadi ketika iklan melanggar hukum dan peraturan yang berlaku. Contoh dari kesalahan hukum adalah iklan yang menipu atau menyesatkan konsumen.

4. Kesalahan Etika

Kesalahan etika adalah kesalahan yang terjadi ketika iklan melanggar etika bisnis dan moral. Contoh dari kesalahan etika adalah iklan yang memanipulasi emosi konsumen atau mempromosikan produk yang tidak aman.

Cara Mencegah Kesalahan Iklan

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kesalahan iklan:

1. Pelajari Hukum Iklan

Penting untuk mempelajari hukum iklan yang berlaku untuk mencegah kesalahan hukum. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli hukum atau mencari informasi tentang hukum iklan di internet.

2. Perhatikan Detail dan Fakta

Pastikan iklan Anda mengandung informasi yang akurat dan benar tentang produk atau layanan yang dipromosikan. Periksa ulang setiap klaim yang Anda buat dalam iklan Anda.

3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh khalayak. Hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau teknis yang mungkin sulit dipahami oleh konsumen.

4. Perhatikan Gambar dan Desain

Pastikan gambar dan desain dalam iklan Anda tidak menyesatkan dan sesuai dengan produk atau layanan yang dipromosikan. Hindari menggunakan gambar atau desain yang menyesatkan atau tidak sesuai dengan kenyataan.

5. Hindari Penggunaan Klaim yang Tidak Dapat Dibuktikan

Hindari menggunakan klaim yang tidak dapat dibuktikan atau klaim yang tidak sesuai dengan kenyataan. Pastikan klaim yang Anda buat dalam iklan dapat dibuktikan secara faktual.

6. Perhatikan Etika Bisnis

Jangan melakukan manipulasi atau penggunaan taktik yang tidak etis dalam iklan Anda. Pastikan iklan Anda tidak merusak reputasi bisnis Anda atau merugikan konsumen.

7. Konsultasikan dengan Ahli

Jika Anda tidak yakin tentang keabsahan iklan Anda, konsultasikan dengan ahli pemasaran atau ahli hukum untuk mendapatkan saran dan masukan.

Kesalahan Beriklan yang Lebih Spesifik

1. Cenderung Mengesampingkan Peranan dan Fungsi SEO

Layaknya sepasang kekasih, digital marketing tak bisa berjalan seimbang jika tak ada kehadiran SEO. Masalahnya, banyak pelaku usaha yang meremehkan peranan SEO. Padahal, daya minat dalam mencari informasi di Google sangat tinggi. Berdasarkan penelitian, angka pencarian bisa menembus hingga empat miliar setiap harinya!

Tak sedikit pengguna yang mengklik informasi pada halaman pertama saja. Mereka pasti enggan susah-susah mengklik di laman selanjutnya. Pasalnya, mereka membutuhkan bermacam-macam topik. Apabila mereka hanya fokus pada laman selanjutnya, bisa-bisa mereka tidak mendapatkan topik informasi lainnya.

Baca Juga: Apakah Manfaat Google Trends untuk Bisnis Sangat Efektif?

Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan digital marketing, jangan hanya fokus pada media sosial saja. Inilah salah satu kesalahan beriklan di dunia digital marketing yang sering terabaikan. Jadi, performa SEO secara optimal harus ada untuk melengkapi iklan produk. Dengan begitu, hasil yang kamu gunakan bisa mencapai target. Dalam dunia digital marketing, mendapatkan salah satu kontak pembeli adalah target awal.

Salah satu solusi supaya mendapatkan SEO yang optimal adalah menggunakan beberapa aplikasi baik gratis maupun berbayar. Tentunya, dengan aplikasi berbayar ada fasilitas tertentu yang bisa menjadi fitur-fitur spesial. Kemudahan ini memberikan dukungan dalam mencari kata kunci tertentu untuk optimasi SEO produk.

2. Hanya Konsentrasi pada Traffic Saja

Beberapa kasus tertentu, digital marketer hanya fokus pada hal yang salah. Pasalnya, mereka hanya berkonsentrasi pada traffic saja. Seharusnya, konversi juga menjadi point penting untuk mencapai sasaran utama. Dalam dunia pemasaran, konversi merupakan istilah penting dalam mengambil keputusan lebih lanjut dalam mengembangkan website atau akun toko online milikmu.

Baca Juga: Jasa SEO Bulanan yang Ramah Biaya untuk Bisnis Baru Tumbuh

Kamu harus paham bagaimana teknik mengkonversi pengunjung sebagai pelanggan. Sia-sia saja apabila kamu hanya puas dengan melihat traffic yang tinggi saja. Kamu harus tahu pelanggan dengan karakter tertentu yang sering mengunjungi website atau iklan produk.

3. Tidak Menyisihkan Sebagian Biaya untuk Iklan

Sebagian besar digital marketer terkadang tidak menyisihkan biaya untuk iklan. Mereka cenderung mencari aplikasi atau jasa gratisan untuk memulainya. Dengan begitu, mereka mengharapkan keuntungan yang besar dengan modal kecil bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali. Inilah alasannya mereka meremehkan biaya untuk sebuah iklan digital marketing.

Ibarat kamu membuat website adalah membangun sebuah toko. Supaya bisnis bisa dilirik banyak pengunjung, kamu perlu iklankan tokomu. Sebelum ada dunia digital, mereka biasanya menggunakan poster yang ditempel atau dipasang di koran. Periklanan seperti ini membutuhkan biaya cetak dan publikasi.

Bagi yang masih pemula, risiko rugi adalah hal yang lumrah. Minimal targetmu adalah balik modal. Dalam merintis usaha dengan konsep digital marketing, kamu pun juga siap menyisihkan uang labamu untuk biaya operasional mulai dari biaya hosting, jasa penulis SEO, aplikasi optimasi dan biaya lainnya. Jika websitemu berdiri tanpa ada iklan dan optimasi, itu sama halnya mendirikan toko saja tanpa ada sistem operasional.

Meremehkan Rencana Pemasaran dapat Menjadi Kesalahan Beriklan di Dunia Digital Marketing

Tak memiliki konsep rencana pemasaran menjadi hal yang fatal saat beriklan di dunia digital marketing. Perencanaan merupakan unsur penting sebelum mengembangkan iklan di dunia digital marketing. Banyak perusahaan yang terburu-buru mengeluarkan uang untuk kebutuhan periklanan tanpa perencanaan. Akibatnya, perusahaan tersebut mengalami kerugian besar.

Sebagian besar perusahaan menerapkan strategi pemasaran secara gencar tanpa ada perencanaan. Mereka cenderung tidak memperhatikan konsep pemasarannya. Padahal, dalam hal menjalankan bisnis, dibutuhkan perencaan dari berbagai macam aspek mulai dari identitas pelanggan yang dinilai dari karakteristik psikologi, usia, selera serta minat bakat dari pelanggan itu sendiri.

Baca Juga: Perlukah Menggunakan Jasa SEO Profesional untuk Bisnis?

Perusahaan dan industri lain terkadang mempertimbangkan sesuatu berdasarkan perasaan dan ego masing-masing. Inilah yang membuat bisnis tak sesuai tepat sasaran. Akibatnya, penjualan produk perusahaan dan industri tidak mencapai target.

Hal ini masih ada kaitannya dengan pentingnya SEO tadi. Membuat penulisan SEO dan bahasa yang sesuai dengan target audience produk merupakan hal terpenting. Hal-hal seperti ini terkadang diremehkan oleh beberapa perusahaan, digital marketer serta para pelaku usaha, khususnya pengusaha pemula.

Tidak Memiliki Fasilitas serta Pelaku Partner yang Tepat

Lemahnya atau kurangnya fasilitas juga menjadi sumber kesalahan beriklan di dunia digital marketing. Andaikata kamu membangun toko, manajemennya bisa berantakan apabila fasilitasmu kurang lengkap. Namun, permasalahan fasilitas bisa digantikan dengan pendukung lainnya seperti dukungan mitra dari keluarga atau sanak saudara yang bisa dipercaya.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Awareness yang Mengakar Kuat

Namun, banyak perusahaan yang tidak berfokus pada ketepatan fasilitas dan tim partner dalam hal beriklan di dunia marketing. Akibatnya, membuat iklan tidak maksimal sehingga tidak banyak orang yang tertarik dengan produk.

Kamu harus tahu kalau fasilitas dan dukungan mitra dari seorang partner juga penting. Banyak pengusaha pemula yang salah dengan keyakinan mereka sendiri. Mereka cenderung terlalu yakin jika semua usaha bisa di jalannya sendiri. Nantinya, mereka akan membayar partner dan membeli fasilitas lainnya jika sudah berkembang. Hal inilah yang bisa memicu kesalahan dalam membuat iklan.

Padahal, dalam beriklan di dunia digital marketing, ada beberapa hal yang perlu kamu membutuhkan beberapa hal seperti kamera atau smartphone dengan kamera resolusi tinggi aplikasi pendukung baik yang berbayar atau gratis serta jaringan internet yang lancar.

Sedangkan kebutuhan lainnya, Anda juga perlu menggandeng beberapa seorang mitra yang mempunyai kemampuan merancang program untuk membuat desain website produk membuat tulisan yang SEO friendly dan mengambil gambar produk secara tepat dan mendesainnya supaya klien bisa lebih tertarik baik dalam gambar maupun audio visual.

Baca Juga: Manfaat Google Ads untuk Bisnis yang Terarah Sampai Mencetak Gol

Namun, sebagian besar dari digital marketer pemula tidak memperhatikan hal ini secara tepat. Mereka memiliki beberapa alasan-alasan yang membuat iklan digital marketing produknya tidak maksimal, seperti:

  • Tidak memiliki smartphone atau kamera dengan resolusi tinggi sehingga mengambil foto dengan fasilitas seadanya.
  • Tidak punya modal mencari partner atau tim yang ahli dalam SEO, optimasi media sosial dan lainnya sehingga pelaku usaha menangani semuanya sendirian.

Sebenarnya, masalah-masalah seperti itu bisa dilakukan. Tidak harus yang mahal-mahal, sebagai gantinya bisa melakukan berikut ini:

  • Menyewa kamera resolusi tinggi pada teman. Anda bisa menyewanya saat melakukan sesi pemotretan atau perekaman video produk saat waktu tertentu saja. Anda bisa bernegosiasi harga sewa dengan teman.
  • Memanfaatkan sanak keluarga, saudara atau teman yang bisa diajak bekerja sama. Mereka bisa Anda ajak sebagai bagian dari tim untuk sementara waktu. Jika mencapai target penjualan, Anda bisa membagi hasilnya pada para anggota tim.
  • Mempelajari sendiri tentang bagaimana teori, konsep dan praktek digital marketing itu sendiri. Namun, dalam praktiknya harus memiliki partner.

Namun, Anda juga harus tahu bahwa lemahnya motivasi diri dan takut dengan berbagai risiko adalah kesalahan beriklan di dunia digital marketing yang paling besar. Semua pilihan dan keputusan selalu memiliki risiko. Dengan adanya risiko yang ada, kita jadi lebih banyak mempelajari strategi, konsep serta cara beriklan di dunia digital marketing.

Kalau ingin keluar dari rasa bosan Anda yang begini-begini saja, belajar dunia digital marketing sepertinya lebih menarik. Jangan takut salah karena kesalahan merupakan bagian awal dari kesuksesan, asal jangan selalu mengulang kesalahan yang sama.

SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan. Kami selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.

FAQs

Apa yang harus dilakukan jika saya melakukan kesalahan iklan?

Jika Anda melakukan kesalahan iklan, segera lakukan tindakan perbaikan dan klaim tanggung jawab. Berikan penggantian atau pengembalian uang jika diperlukan dan minta maaf atas kesalahan yang telah dilakukan.

Apakah saya bisa dihukum jika melakukan kesalahan iklan?

Ya, Anda bisa dihukum secara hukum dan dikenakan denda jika melakukan kesalahan iklan yang melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

Apa yang harus dilakukan jika iklan saya ditolak oleh badan pengawas iklan?

Periksa ulang iklan Anda dan perbaiki sesuai dengan saran yang diberikan oleh badan pengawas iklan. Jangan terlalu memaksakan iklan yang ditolak oleh badan pengawas iklan.

Apakah saya bisa meminta bantuan ahli jika saya tidak yakin tentang keabsahan iklan saya?

Ya, Anda bisa meminta bantuan ahli pemasaran atau ahli hukum jika Anda tidak yakin tentang keabsahan iklan Anda. Ahli tersebut dapat memberikan saran dan masukan yang berguna untuk memperbaiki iklan Anda dan menghindari kesalahan iklan di masa depan.

Apa yang harus dilakukan jika saya menerima tuntutan hukum terkait kesalahan iklan?

Jika Anda menerima tuntutan hukum terkait kesalahan iklan, segera konsultasikan dengan ahli hukum untuk mendapatkan saran dan dukungan hukum. Jangan mengabaikan tuntutan hukum tersebut dan segera ambil tindakan yang diperlukan.

Apa yang harus dilakukan jika iklan saya dianggap menyesatkan oleh konsumen?

Jika iklan Anda dianggap menyesatkan oleh konsumen, segera lakukan tindakan perbaikan dan klaim tanggung jawab. Berikan penggantian atau pengembalian uang jika diperlukan dan minta maaf atas kesalahan yang telah dilakukan. Juga pastikan untuk memperbaiki iklan Anda agar tidak menyesatkan konsumen di masa depan.

Bagaimana cara memastikan iklan saya sesuai dengan peraturan yang berlaku?

Pastikan untuk memahami dan mengikuti peraturan dan pedoman yang berlaku dalam iklan. Periksa juga setiap iklan Anda sebelum dipublikasikan dan konsultasikan dengan ahli pemasaran atau ahli hukum jika perlu.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down