Membangun toko online pada era digital saat ini? Siapa takut. Ini saatnya bisnismu semakin cuan dengan toko online!
Perkembangan teknologi bergerak sangat cepat, begitupun penggunaan teknologi untuk jual beli barang atau jasa dalam dunia bisnis, terutama penggunaan jaringan internet dan website. E-Commerce menjadi salah satu sarana yang sedang tren di masyarakat, sebab memberi banyak kemudahan baik untuk penjual maupun pembeli.
Di mana penjual tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan promosi, cukup dengan membangun toko online agar lebih banyak dikenal masyarakat. Sementara pembeli juga dapat dengan mudah mencari dan membeli produk yang diinginkannya secara aman.
Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa mengikuti tren dan perkembangan zaman seperti toko online yang sedang marak. Bilamana berhasil membangun toko online, maka akan banyak customer, sehingga memberi perusahaan Anda profit besar. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.
Table of Contents
Membangun Toko Online agar Banyak Digandrungi Semua Kalangan
Apakah Anda tertarik untuk membangun toko online? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun toko online agar dikenal masyarakat banyak. Berikut diantaranya:
1. Mengenal target pasar produk atau jasa
Sebelum membangun toko online, tentukan terlebih dahulu target market dari produk atau jasa yang Anda tawarkan seperti anak-anak, kids zaman now, orang dewasa, atau pelaku bisnis. Selanjutnya mengenalnya lebih detail target pasar tersebut, karena hal ini akan berdampak pada kelangsungan toko online Anda.
Ketika sudah mengenal target pasar, maka Anda bisa menentukan desain yang cocok sebagai sarana promosi dan mempermudah pengguna online shop tersebut. Jadi website toko online Anda akan mendapat perhatian lebih dan loyalitas dari para pelanggan.
2. Masukkan produk atau jasa yang sedang tren
Setelah mengenal target pasar, Anda bisa mencaritahu produk atau jasa yang sedang tren dari target pasar Anda. Sehingga, produk-produk dalam toko online Anda harus diperhatikan dengan baik untuk menarik perhatian banyak pengunjung.
Misalkan target pasar toko online untuk wanita hijab, maka Anda harus terus update tentang fashion hijab di masyarakat. Momen tren di masyarakat merupakan kesempatan besar bagi pengusaha dalam meningkatkan pendapatan perusahaan.
3. Pastikan toko online sudah siap diluncurkan
Jika ingin membuat website toko online terkenal dan menjadi tren di masyarakat, maka pastikan sudah siap untuk digunakan oleh para customer. Selain itu, Anda juga harus memahami proses transaksi secara online dengan aman, sehingga pembeli bisa bertransaksi tanpa merasa ketakutan.
Jadi untuk memahaminya Anda bisa aktif dalam toko online yang lebih dulu terkenal, sehingga bisa mengetahui apa kebutuhan dalam online shop agar bisa menjadi tren di masyarakat. Oleh karena itu, pastikan semua sudah siap sebelum toko online diluncurkan.
4. Membuat perbandingan harga produk atau jasa
Pada saat membangun toko online, Anda harus mengetahui harga pasaran dari produk atau jasa yang ditawarkan. Dikarenakan harga akan menjadi faktor utama konsumen dalam memberi sebuah produk atau jasa.
Pastikan harga dapat bersaing di pasaran agar bisa meningkatkan penjualan toko online Anda. Brand sebuah produk dengan harga terlalu tinggi yang membuat konsumen pergi, tetapi jangan pula menjualnya dengan harga sangat rendah, karena akan membuat konsumen berfikir produk Anda bermasalah.
Mengetahui perbandingan harga pasaran dari sebuah produk terkesan sepele dan mendasar, namun banyak toko online justru melupakan hal ini, sehingga banyak konsumen pergi karena harga terlalu tinggi. Sementara tidak sedikit produk yang justru di jual dengan harga di bawah pasaran, membuat profit dari perusahaan minim, bahkan minus.
5. Customer experience
Melakukan survei untuk melihat waktu di mana konsumen mencari produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, mengenal target pasar dan produk sangat penting dalam membangun toko online serta meningkatkan omzet perusahaan.
Berikan fasilitas dan pelayanan high class agar para pelanggan merasa nyaman dalam bertransaksi, terutama dalam system keamanan untuk transaksi. Hal ini membuat konsumen merasa puas dan aman untuk bertransaksi di toko online Anda.
Baca Juga: 8 Cara Menjalin Hubungan dengan Klien
6. Strategi marketing, promosi, atau iklan
Setelah mengenal target pasar, menjual produk yang sedang tren, dan memiliki harga bersaing, perjuangan Anda akan sia – sia apabila produknya tidak dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu, strategi marketing dalam promosi atau iklan sangat penting dalam semua bisnis, begitupun saat membangun toko online.
Sediakan budget untuk melakukan pemasaran secara maksimal agar banyak konsumen datang untuk bertransaksi. Dikarenakan strategi marketing akan menentukan kemajuan dari toko online Anda dalam berkembang.
7. Media pembayaran saat transaksi
Gunakan media pembayaran yang dapat memudahkan konsumen melakukan transaksi. Pastikan proses pembayaran juga menguntungkan semua pihak, terutama memberi rasa aman kepada konsumen, sehingga mereka akan kembali lagi. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan merekomendasikan toko online milik Anda.
Jika belum bisa membuat sistem pembayaran aman, Anda bisa menggunakan pelayanan dari perbankan seperti M-Banking, Online Banking, dan ATM dalam melakukan transaksi ke rekening perusahaan. Setelah perusahaan melakukan pembayaran, berikan konfirmasi kepada konsumen agar memberi rasa aman.
Selain itu, pastikan Anda mengelola bisnis Anda dengan baik, memberikan layanan pelanggan yang baik, meningkatkan kualitas produk atau jasa, serta menciptakan pengalaman belanja yang unik.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membangun toko online yang sukses dan menghasilkan pendapatan yang stabil. Selalu evaluasi kinerja toko online Anda dan gunakan informasi yang diperoleh untuk meningkatkan toko online Anda lebih lanjut.
Tuntas sudah pembahasan 7 tip membangun toko online yang bisa Anda terapkan, semoga bisnis Anda dapat berkembang dengan pesat dan menjadi toko online yang tren di masyarakat.
SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan. Kami selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.