Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Apa Itu Influencer Marketing

Memahami Apa Itu Influencer Marketing dan Keuntungan Menggunakannya dalam Bisnis

August 15, 2022
No comments
Share

Bagaimana seseorang bisa begitu mempengaruhi hidup Anda? Entah untuk bisa berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk. Pengaruh yang kuat akan menjadi bagian dari berubahnya kehidupan seseorang. Kita ambil contoh bisnis online. Apakah sama kondisi bisnis online Anda sebelum dan sesudah bekerja sama dengan seorang influencer?

Seorang influencer pasti memiliki pengaruh kuat terhadap khalayak minimal pengikutnya. Jika mereka bekerja dalam lingkup promosi suatu produk maka pengaruhnya akan bekerja pada naik dan turunnya penjualan. Apa itu influencer marketing? Itu jelas marketing yang mengambil jalan melalui pengaruh para influencer. Sekarang memang sesempit itu pengertian marketing di jagad maya. Namun, pengaruhnya sangat luas. Anda tak akan bisa hidup jauh dari seorang influencer marketing dalam bisnis online ini.

Apa Itu Influencer Marketing dan Seberapa Kuat Pengaruhnya?

Pemasaran media sosial adalah alat utama yang banyak perusahaan gunakan dewasa ini. Awalnya media sosial memang hanya tentang bagaimana Anda membangun kedekatan dengan sejumlah orang dari dunia nyata dan orang-orang baru yang Anda temui di dunia maya.

Baca Juga: 13 Ide Konten Reels Instagram untuk Kebutuhan Bisnis

Lambat laun hubungan sosial yang baik akan menciptakan banyak peluang. Entah peluang untuk meraih popularitas, peluang untuk menjadi seseorang yang luas pergaulan dan pengaruhnya, atau peluang membuka bisnis baru. Ibaratnya hari gini nggak cuan tuh sayang. Media sosial pun makin nyaman menjadi tempat jual beli dengan personal approach.

Kemunculan influencer bak jamur-jamur yang tumbuh di musim penghujan. Mereka awalnya hanya ingin memanfaatkan akun media sosial untuk make friends sampai akhirnya menjadi terlalu engage. Apapun yang seorang influencer ini pakai atau lakukan pasti akan menjadi teladan di mata para pengikutnya.

Terkadang influencer itu berupa sekumpulan orang yang membentuk tim untuk melakukan misi tertentu. Apakah itu untuk mempromosikan suatu produk dari brand baru, kampanye suatu gerakan lama yang telah mengalami pembaruan, atau menjual produk sendiri atas modal bersama. Masing-masing influencer sangat kuat pengaruhnya.

Setidaknya untuk di circle pengikutnya sendiri. Jika followers-nya sangat banyak, otomatis produk tersebut terjamin angka penjualannya. Karena masing-masing pengikut juga akan mempengaruhi satu sama lain. Mereka akan terus membicarakan tentang produk tersebut bahkan sampai keluar dimensi media sosial atau platform tempat mereka meet up.

Mengapa Influencer di Media Sosial Selalu Jadi Contoh tentang Apa Itu Influencer Marketing?

Satu suara sangat bisa memimpin banyak audiens. Apalagi jika influencer ini memiliki nilai branding yang sejalan dengan produk yang ia promosikan. Branding tertentu sangat lekat dengan dirinya sehingga para pengikutnya sudah menaruh kepercayaan penuh pada dirinya.

Bahwa jika produk tersebut sampai menjadi produk pilihan sang influencer maka kualitasnya pasti jempolan. Lebih seringnya para pengikut ini bukan jenis followers yang sama sekali buta soal suatu informasi mengenai produk tersebut. Mereka memang menyukai produk berkualitas itu.

Dan semakin senang menggunakan produk itu karena influencer pujaan hatinya juga menggunakannya. Di sinilah kita bisa menilai jika seorang influencer adalah wakil yang tepat dalam menyampaikan manfaat dari suatu produk. Merekalah orang-orang yang tepat sebagai contoh dari influencer marketing itu sendiri.

Jika Anda saat ini berada di ambang batas keyakinan Anda untuk lanjut atau tidak melakukan promosi suatu produk, maka mungkin ini sudah saatnya Anda menggandeng influencer sebagai penggerak marketing Anda. Anda bisa menempuh langkah-langkah berikut dalam strategi marketing Anda:

  • Ketahui siapa pembeli produk Anda. Jika Anda sudah tahu para pembeli Anda, maka Anda sudah bisa jalan untuk mencari influencer yang tepat. Misalnya Anda hendak menjual sampo penumbuh rambut. Anda pasti tahu jika terget pembeli Anda adalah mereka yang mengalami kebotakan rambut atau kerontokan rambut yang parah. Tak peduli berapapun usianya, tua atau muda, dan laki-laki atau perempuan. Jika mau lebih spesifik, Anda juga bisa mencari dalam daftar orang-orang yang menderita penyakit tertentu seperti kekurangan vitamin B dan E. target Anda jadi semakin luas. Anda bisa memilih influencer yang bisa melakukan pendekatan dengan para wanita di atas 30 tahun atau para lelaki di atas 50 tahun.
  • Jalankan strategi marketing dengan mengetahui apa itu influencer marketing. Pemasaran dengan menggandeng seorang influencer tentunya akan jauh lebih ringan karena target audiensnya sudah dapat. Influencer ini pasti sudah tahu hendak menyasar ke mana. Tinggal bagaimana Anda melakukan diskusi asyik bersama influencer ini supaya strategi marketing bisa berhasil. Anda bisa melakukan giveaway melalui akun media sosial sang influencer yang mengarah ke website brand Anda. Selanjutnya, Anda akan dapat engagement sekaligus followers baru di akun media sosial perusahaan. Peningkatan keduanya bukan main-main. Itu jika bertemu dengan influencer yang sesuai.
  • Selalu kasih part terbesar untuk konsep konten sang influencer. Bagaimanapun seorang influencer tahu betul cara memikat para pengikutnya. Ia akan eksplore bagian tertentu supaya konten tersebut ‘kena’ langsung ke hati followers-nya. Feedback-nya bagi Anda adalah jadi punya kesempatan untuk melihat langsung bagaimana cara kerja seorang influencer dalam menciptakan interaksi yang hangat dengan audiensnya.
  • Tidak hanya ‘persona’ online yang harus ada pada diri seorang influencer, tetapi ia juga harus punya kedekatan yang baik dengan para pengikut dan selalu mendapat dukungan. Dia bisa mendapat dukungan pasti karena ada nilai-nilai yang para pengikutnya serap dari dirinya. Setiap ia mengkampanyekan sesuatu, para followers-nya pasti tak segan memberikan jempol dukungannya di berbagai platform. Ini jadi suatu bukti yang bisa sebuah brand lihat dari dirinya mengenai apa itu influencer marketing. Keberhasilan setiap kampanye yang seorang influencer lakukan dapat Anda ukur untuk bisa jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan bekerja sama dengannya. Anda bisa saja memiliki lebih dari 3 kandidat influencer untuk menjadi bagian dari tim marketing online brand. Anda hanya bisa memilih seseorang atau satu tim yang memiliki potensi meningkatkan penjualan secara berkesinambungan. Bukan hanya penjualan satu periode saja.

Baca Juga: Sangat Membantu! Kehadiran Jasa Video Marketing Profesional untuk Perusahaan

Apakah mudah menemukan influencer yang tepat untuk menjalankan strategi marketing perusahaan? Tentu mudah. Namun, untuk bisa menemukan seseorang atau satu tim yang bisa meningkatkan penjualan sekaligus mengharumkan nama brand, harus lebih giat lagi berusaha. Anda bisa menyaring dari berbagai platform atau media sosial dan perusahaan-perusahaan yang pernah bekerja bersamanya.

Anda juga harus selalu ingat jika keberhasilan suatu strategi marketing bukan hanya ada pada banyaknya produk yang terjual, melainkan juga seberapa pengaruhnya sehingga promosi atau kampanye ini akan selalu berada dalam ingatan banyak orang. Jika seorang pembeli pernah membeli produk tersebut, ikut giveaway terus menerus, dan rajin mengikuti perkembangan produk-produk brand, maka brand sejatinya sudah menjadi bagian dari hidupnya.

Bayangkan jika ada ribuan orang yang merasakan hal yang sama. Strategi marketing bersama sang influencer pasti sudah berhasil saat itu.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down