Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Konten Kalender Sosial Media

Manfaat Bikin Konten Kalender Sosial Media agar Efektif

July 24, 2022
No comments
Share

Perusahaan perlu melakukan penjadwalan dalam penerbitan konten marketing di berbagai media. Saat ini ada konten kalender sosial media yang bisa digunakan untuk penjadwalan tersebut. Bentuk kalender sosial media tersebut dapat berupa aplikasi atau lembar kerja. Adanya konten yang terjadwal dengan baik bisa membantu dalam kesuksesan strategi pemasaran. Simak penjelasan mengenai kalender konten sosial media berikut.

Kalender Konten Sosial Media Itu Apa Ya?

Digital marketing saat ini menjadi hal yang cukup penting bagi perusahaan. Penerbitan konten marketing melalui media online menjadi satu keharusan. Jika tidak maka perusahaan bisa tertinggal oleh kemajuan zaman. Strategi terkait konten marketing yang sukses yaitu harus tepat, berkelanjutan, dan terjadwal dengan baik.

Konten marketing sendiri bisa terdiri dari banyak jenis seperti artikel blog, video, infografik, dan lain-lain. Tak hanya jenis konten yang beragam, media tempat penerbitan juga ada banyak. Perusahaan bisa menempatkan konten marketingnya di website atau platform sosial media.

Platform sosial media menjadi yang cukup efektif untuk pemasaran karena pengguna internet banyak menghabiskan waktu di sana. Tentunya perlu perencanaan dan penjadwalan yang baik agar konten terdistribusi secara efektif.

Salah satu solusi terbaik dan efektif dalam mendistribusikan konten yaitu dengan membuat kalender konten. Namun penggunaan kalender konten juga perlu strategis agar bisa efektif dan efisien dalam marketing bisnis. Tak sedikit pebisnis yang kurang tepat dalam penggunaannya sehingga tidak memberi efek yang optimal.

Secara sederhana, sebuah konten kalender sosial media yaitu lembar kerja/spreadsheet atau aplikasi yang digunakan untuk penjadwalan posting. Ini bisa membantu dalam merencanakan, menjadwalkan, atau tracking konten marketing di media sosial.

Sebuah kalender untuk konten media sosial perlu terdiri dari beberapa item berikut.

  • Jadwal posting.
  • Siklus penjualan.
  • Topik posting.
  • Teks (beserta alamat link).
  • Gambar (beserta alamat link).
  • Goal/tujuan posting.
  • Jaringan media sosial.

Pengguna bisa membuat daftar item yang akan ditempatkan dalam kalender. Ini tergantung dari kebutuhan bisnis. Ada yang membutuhkan kalender sederhana tapi ada juga yang perlu kalender yang kompleks dan detail.

Tak hanya perusahaan, setiap pihak dalam lingkup bisnis juga membutuhkan media sosial dalam pemasaran kontennya. Penggunaan kalender konten sosial media menjadi keharusan bagi setiap pihak yang membuat konten. Pihak yang bisa mendapatkan keuntungan dari kalender konten ini misalnya blogger, marketer, konsultan bisnis, perusahaan media, dan lain-lain.

Manfaat Konten Kalender Sosial Media

Bisnis yang sukses membutuhkan manajemen pemasaran yang berjalan dengan baik. Ini perlu memanfaatkan berbagai sumber yang ada secara efektif dan efisien. Aspek pemasaran konten juga perlu dilakukan dengan tepat melalui proses penjadwalan. Adanya kalender konten media sosial memberikan berbagai keuntungan dalam bisnis.

Nah berikut beberapa manfaat kalender konten media sosial.

Membantu Mengorganisasi Waktu

Waktu penting dalam hal pemasaran yang efektif. Penerbitan konten perlu memperhatikan waktu yang tepat. Ini bisa mempertimbangkan waktu rilis produk, hari besar, event perusahaan, dan lain-lain. Adanya kalender bisa membantu merencanakan semuanya lebih awal.

Membantu Konsistensi dalam Penerbitan Konten

Adanya jadwal bisa membantu agar postingan konten lebih konsisten. Misalnya setiap hari Senin digunakan untuk postingan di media sosial tertentu dengan tema tertentu. Adanya konsistensi bisa membuat audiens lebih mudah dalam mengikuti postingan tersebut.

Membantu Menghindari Risiko Kesalahan

Perencanaan konten bisa membantu menghindari risiko. Adanya jadwal, memungkinkan agar konten bisa dibuat lebih dulu lalu dievaluasi. Tim perlu melakukan evaluasi sebelum konten terbit.

Jika ada kesalahan maka perlu diperbaiki. Perusahaan perlu mengingat agar konten mereka tidak hanya berkualitas tapi juga sesuai dengan norma dan peraturan yang ada. Apalagi di Indonesia yang telah memiliki UU ITE. Konten marketing yang tersebar bisa menjadi tanggung jawab perusahaan.

Membantu Meningkatkan Konten

Konten yang terjadwal melalui kalender khusus bisa dipantau agar berdampak baik. Adanya kalender bisa mencakup item pencapaiannya. Ini bisa membantu agar konten bisa konsisten dan ditingkatkan kualitasnya.

Membantu Melakukan Tes A/B

Konten marketing yang direncanakan lewat kalender bisa membantu mengecek mana yang lebih efektif. Ini bisa menjadi tes A/B misalnya tentang platform mana yang paling berdampak pada penjualan. Setelah menemukan mana yang lebih efektif maka bisa fokus pada tipe konten dan platform tersebut.

Perusahaan baik besar maupun kecil bisa memanfaatkan konten kalender sosial media. Terdapat format kalender khusus yang bisa dimanfaatkan. Jenisnya bisa memilih apakah yang berupa lembar kerja atau aplikasi.

Cara Menggunakan Konten Kalender Sosial Media yang Efektif

Membuat kalender konten sosial media perlu strategi khusus. Apapun aplikasi yang digunakan, perlu mengikuti perencanaan yang tepat. Berikut beberapa langkah untuk membuat kalender konten sosial media yang efektif.

Menentukan Tujuan Pemasaran Lewat Media Sosial

Sebelum membuat kalender penjadwalan konten perlu untuk menentukan tujuan dulu. Marketing lewat sosial media memiliki tujuan umum yang sama namun bisa dibuat lebih khusus lagi. Tentukan apa yang ingin dicapai dari konten marketing di media sosial tersebut. Tujuan tersebut perlu spesifik, dapat diukur, relevan, dapat dicapai, dan berbatas waktu.

Mengaudit Akun yang Telah Ada

Audit akun media sosial yang telah ada. Perlu untuk mengumpulkan data atau informasi dari setiap akun media sosial tersebut. Kumpulan informasi tersebut misalnya nama, password, tujuan tiap akun/platform, demografi audiens, postingan paling populer, dan lain-lain. Semua informasi tersebut dapat menjadi dasar untuk menetapkan penjadwalan yang lebih terarah.

Memilih Platform Media Sosial

Ada banyak sekali platform media sosial. Setiap platform memiliki fitur dan audiens yang berbeda. Tentukan mana saja platform media sosial yang digunakan. Perusahaan bisa memilih berdasarkan target pasar serta efektivitas pemasaran di platform tersebut.

Merencanakan Seberapa Sering Memposting Konten

Seberapa sering harus memposting konten di media sosial? Jawabannya bisa beragam tergantung dari bisnisnya. Jika memiliki tim pemasaran yang besar maka tak ada salahnya memposting beberapa kali dalam sehari. Perlu untuk memanfaatkan sumber daya yang ada agar kontennya seimbang antara kualitas dan kuantitas. Postingan yang terlalu sering namun kualitasnya kurang juga tidak akan efektif.

Menentukan Tipe Konten

Konten marketing di media sosial bisa beragam dari teks sampai video. Isi kontennya juga bisa promosi langsung atau konten informatif. Dalam menentukan konten bisa menggunakan strategi 80/20. Ini berupa 80% konten edukatif dan informatif yang masih terhubung dengan bisnis/produk. Serta 20% berupa postingan promosi produk secara langsung.

Mengaudit Sumber Daya

Sumber daya perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Periksa seberapa besar tim dan apa keahlian mereka. Apakah perlu menambah sumber daya atau bekerja sama dengan profesional lainnya. Sumber daya ini yang juga akan bekerja sesuai dengan kalender konten sosial media.

Setiap bisnis baik besar maupun kecil bisa mengikuti langkah-langkah tersebut. Perusahaan memerlukan adanya konten kalender sosial media untuk membantu kegiatan marketingnya. Tanpa adanya perencanaan yang baik, konten marketing bisa tidak efektif.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down