Apakah branding yang dilakukan selama ini sudah berhasil membuat brand kukuh menancap dalam ingatan para pelanggan? Mungkinkah para pelanggan kini sudah tahu jika itu brand saat mereka melihat warna, simbol, dan font tertentu? Jika belum maka harus melakukan lebih banyak lagi cara meningkatkan brand awareness. Baik usaha lama maupun usaha baru akan perlu melakukan branding tersebut agar produknya bisa terus menjadi pilihan di antara sekian banyak produk sama dengan brand yang berbeda di pasaran.
Mengapa Pebisnis Perlu Tahu Cara Meningkatkan Brand Awareness?
Apa yang melintas dalam pikirkan saat melihat mobil sedan berwarna biru langit di jalanan? Penumpang naik dan turun setelah mencapai jarak tertentu. Pasti Anda akan langsung mengingat brand taksi tertentu, bukan? Itulah brand awareness. Konsumen akan langsung mengenali taksi tersebut bahkan sampai tahu rate harga dari jarak sekian sampai sekian.
Kemasan, warna, logo, image, dan bentuk bisa menggambarkan suatu brand. Bayangkan jika ada seribu orang yang langsung tahu brand Anda hanya saat mereka melihat kemasan dan logo yang tertera. Terutama brand makanan dengan rasa yang luar biasa lezat.
Baca Juga: Peran 4 Manfaat Testimoni Pelanggan
Perilaku konsumen selanjutnya dapat Anda lihat setelah ia mengenali brand. Apakah ia akan lanjut membeli atau justru masih ragu karena beberapa alasan. Jika Anda menemukan fakta di lapangan minimnya pembelian produk maka sudah seharusnya mengusahakan untuk meningkatkan brand awareness. Anda bisa mempelajari cara meningkatkan brand awareness dari banyak tempat seperti internet, buku-buku, dan seminar bisnis yang akhir-akhir ini banyak orang ikuti.
Yang harus para pebisnis ingat selalu adalah brand awareness itu penting. Brand dengan kesadaran merek tinggi di pasaran akan menjadi tren. Dan kalau sudah menjadi tren atau populer maka Anda akan mudah untuk menjualnya all session.
Manfaat dari Menerapkan Cara Meningkatkan Brand Awareness
Anda dan merek bisnis harus selalu memiliki image yang baik di tengah masyarakat luas. Image yang baik ini nantinya akan menjadi salah satu faktor penentu yang akan meningkatkan brand awareness merek Anda. Para konsumen dengan kebiasaan membeli brand tertentu lantas akan menaikkan image baik brand itu pula. Mereka pun tak akan ragu untuk menjadi pelanggan tetap dengan membeli produk itu berkali-kali.
Baca Juga: Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness untuk Branding yang Lebih Mengena
Manfaat dari menerapkan cara meningkatkan brand awareness yang bisa diraih di antaranya:
- Konsumen akan merasa percaya pada brand tersebut. Brand bisnis sudah punya identitas yang baik atau berbeda dari brand lain dengan produk yang serupa. Image yang ada pada brand juga sangat mempengaruhi penggunanya. Konsumen akan merasakan image baik yang sama saat menggunakan produk tersebut ke berbagai kesempatan. Kepercayaan adalah modal utama untuk membangun bisnis yang selalu sejahtera.
- Meningkatkan nilai brand tersebut. Ekuitas brand berasal dari persepsi konsumen dan pengalam mereka saat menggunakan sebuah produk. Saat para konsumen membagikan pengalaman positifnya ke banyak orang, maka secara tidak langsung brand meningkat nilai positifnya. Ekuitas merek yang positif akan mendatangkan manfaat seperti perluasan lini produk atau layanan untuk pengembangan bisnis menjadi lebih mudah, harga produk bisa jadi lebih tinggi karena nilai positifnya juga tinggi, menyebabkan dampak sosial positif yang lebih besar karena nilai brand, dan harga saham di bursa jadi lebih tinggi.
- Brand awareness yang meningkat akan membuat sebuah pergeseran makna brand. Anda tentu masih ingat tentang taksi biru tadi? Bukankah orang-orang sering menyebut merek taksi yang nyaman dengan brand yang sama? Brand yang memiliki level brand awareness tinggi sangat besar potensinya untuk menjadi kata yang sudah umum di masyarakat. Misalnya, Anda memproduksi sampo herbal terbaru dan laku di pasaran. Bukan tidak mungkin suatu hari nanti merek sampo jadi yang paling diingat oleh orang-orang yang hendak membeli sampo dengan kandungan herbal.
Apakah Melakukan Cara Meningkatkan Brand Awareness Itu Mudah?
Konsumen akan lebih memilih membeli produk dari brand yang sudah tidak asing lagi mereka sekalipun produk itu masih sangat baru di pasaran. Ini yang harus Anda ingat betapa pentingnya brand awareness di masyarakat.
Baca Juga: Pentingnya Merek Bagi Perusahaan agar Bisa Berkembang
Sekali masyarakat mengingat sebuah brand, maka mereka akan selamanya menyebutkan merek tersebut untuk mewakili produk-produk yang mereka gunakan seperti air mineral, sampo, sabun mandi, motor, dan masih banyak lagi. Anda bisa melakukan banyak cara meningkatkan brand awareness.
Berikut kami sajikan cara mudahnya demi masa depan yang lebih panjang dari brand.
Media Sosial
Brand awareness saat ini dapat lebih cepat dibangun dengan memanfaatkan sosial media. Anda bisa membuat akun media sosial khusus untuk brand Anda. Selanjutnya, bisa menunjuk tim yang khusus untuk mengunggah konten bermutu yang relevan dengan produk ke media sosial ini.
Baca Juga: Tujuan dari Konsep Pemasaran adalah Profit
Jangan lupa untuk melakukan interaksi dengan para pengunjung konten agar komunikasi meningkat. Selalu ingat jika engage di media sosial sangat penting. Pastikan menunjuk agen yang tepat untuk bisa terus menerus melakukan interaksi dengan para konsumen Anda di media sosial.
Soft Selling Melalui Content Marketing
Anda bisa menunjuk tim tertentu untuk melakukan pemasaran konten. Konten ini nantinya haruslah menarik dan unik sehingga banyak audiens yang merapat ke brand. Biarkan audiens mendatangi Anda sesuai kemauannya. Ia tidak akan merasa sedang menyaksikan konten hard selling seperti yang biasa ia lihat pada iklan konvensional. Anda juga bisa menggandeng para influencer marketing untuk menjadi tim content marketing ini.
Pemberian Merchandise atau Giveaway
Anda perlu menyediakan dana untuk membeli sekian banyak merchandise yang akan diberikan kepada para pelanggan setia. Ini merupakan cara yang mudah dalam rangka memperkuat brand awareness. Anda bisa berikan secara berkala seperti saat pembelanjaan konsumen sudah mencapai nominal tertentu atau merchandise cuma-cuma setiap bulannya.
Baca Juga: Kenapa Pebisnis Wajib Tahu Pentingnya Merek Bagi Suatu Produk?
Sementara itu, untuk giveaway biasanya akan menjadi cara promosi halus para influencer marketing di media sosial. Selama mereka sedang mengadakan live content, para pengikut akan mendapat kesempatan untuk memperoleh hadiah tertentu yang ada hubungannya dengan produk yang sedang ia promosikan.
Penyelenggaraan Event
Ini menjadi media promosi yang cukup jitu supaya brand Anda makin meluas jangkauannya. Anda bisa melakukan event tahunan di mal-mal atau pusat perbelanjaan dengan memberikan diskon khusus di booth produk Anda.
Brand awareness harus menjadi fokus utama dari para pemilik bisnis sekarang karena akan ada keuntungan berlipat ganda di depannya. Anda tidak bisa begitu saja puas setelah memperoleh keuntungan tertentu dari bisnis. Anda harus terus konsisten dalam meningkatkan brand awareness agar di kemudian hari brand bukan lagi hanya sekadar produk yang orang-orang pakai. Brand akan menjadi kata yang umum orang-orang ucapkan untuk mewakili suatu jenis produk.