Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Jenis Bisnis yang Cocok dengan Google Ads

Ini 5 Jenis Bisnis yang Cocok dengan Google Ads

August 16, 2022
No comments
Share

Google Ads menjadi salah satu pilihan utama iklan berbayar di internet bagi para pebisnis. Punya basis pelanggan yang luas di seluruh dunia, Google Ads bisa memberikan jangkauan audiens yang dibutuhkan oleh para pebisnis. Semua jenis bisnis yang tidak melanggar aturan sebenarnya bisa beriklan di Google. Namun ada jenis bisnis yang cocok dengan Google Ads. Jenis bisnis ini memiliki peluang yang lebih baik dan optimal dalam mempromosikan produknya.

Jenis Bisnis yang Cocok dengan Google Ads

Google Ads bisa dimanfaatkan oleh pebisnis besar, menengah, maupun kecil untuk promosi produk mereka. Tapi ada beberapa jenis bisnis yang lebih cocok menggunakan iklan berbayar dari Google ini.

Menurut riset yang telah dilakukan ada 5 jenis bisnis yang biasanya memiliki ROI yang bagus dan kuat dari paid search marketing. Pebisnis yang bergelut dalam bidang ini perlu untuk memanfaatkan Google Ads untuk mengoptimalkan bisnisnya. Berikut ini jenis bisnis yang cocok menggunakan Google Ads.

Baca Juga: Penjualan Lebih Melejit dengan 8 Strategi Marketing yang Baik Ini

Lifetime Value Pelanggan yang Tinggi

Beberapa jenis industri bisa sangat dibutuhkan konsumennya sehingga memiliki nilai tinggi. Jenis bisnis ini memberikan nilai kehidupan pada pelanggannya. Contoh jenis bisnis dengan nilai hidup pelanggan yang tinggi, misalnya:

  • Dokter gigi, dokter: Saat seorang dokter gigi memperoleh klien baru, mereka berpotensi bernilai ribuan atau bahkan puluhan ribu dolar selama bertahun-tahun, terutama jika mereka terus merujuk lebih banyak klien. Dokter memiliki nilai lifetime yang tinggi bagi kliennya.
  • Perguruan tinggi & program gelar online: University of Phoenix, ITT dan DeVry menghabiskan banyak uang untuk iklan Pay Per Click karena seorang siswa baru sangat berharga selama masa pendidikannya. Hal yang sama berlaku untuk jenis program pelatihan lainnya.
  • Penyedia kabel dan Internet, utilitas: Orang cenderung tetap menggunakan satu penyedia telepon, TV kabel, atau layanan Internet dan membayar tagihan bulanan itu untuk waktu yang lama. Layanan berulang apa pun dapat cocok dengan model yang sama.

Margin Tinggi

Kadang ini bukan tentang "lifetime value" melainkan margin tinggi untuk setiap pembelian. Ini menjadi jenis bisnis yang cocok dengan Google Ads. Beberapa jenis bisnis dengan margin tinggi, misalnya:

  • Gugatan hukum: seorang pengacara bisa mendapatkan banyak uang hanya dari satu kasus. Jadi ini mengapa kata kunci terkait pengacara menjadi sangat mahal. Bahkan jika klien hanya membutuhkan jasa untuk satu gugatan, margin dapat sangat tinggi.
  • Perbaikan: beberapa jenis perbaikan rumah bisa sangat mahal, misalnya perbaikan atap, pipa baru, dan lain-lain. Jadi mendapatkan seseorang yang membutuhkan mengerjakan pekerjaan tersebut bisa menjadi kemenangan besar.
  • Peralatan komputer: mulai dari PC, laptop, printer, server, dan lainnya. Peralatan komputer memiliki fungsi yang sangat diperlukan oleh penggunanya.
  • Peralatan rumah tangga: Saat ini orang-orang selalu membandingkan toko online sebelum membeli sesuatu seperti mesin cuci. Begitu juga pembelian sofa, tempat tidur, dan peralatan besar lainnya.
  • Mobil: Franchise mobil bekas memiliki banyak kesuksesan dengan menggunakan PPC berbasis target lokasi.

Produk yang Sulit Dicari

Jenis bisnis yang menjual produk yang sulit dicari juga cocok menggunakan Google Ads. Produk yang sulit dicari tidak bisa ditemukan di toko-toko biasa atau yang umum dikenali orang. Orang akan lebih mengandalkan mesin pencari seperti Google saat ingin membeli barang yang sulit dicari ini.

Misalnya saja kaset vinyl langka atau barang unik yang lebih mudah dicari di internet daripada di toko biasa.

Bisnis dengan Produk yang Bervariasi

Toko retailer seperti Amazon dan eBay yang menjual berbagai jenis produk menggunakan iklan berbayar di mesin pencari. Mereka mendapatkan kesuksesan berkat strategi marketing online tersebut.

Seringnya retailer seperti ini mengiklankan pada ribuan kata kunci, membayar sejumlah kecil per klik dengan menawar kata long-tail keywords atau menggunakan penyisipan kata kunci dinamis. Long-tail keywords memiliki persaingan yang lebih rendah dan biaya per klik yang lebih rendah, sehingga pengiklan dapat menghasilkan keuntungan.

Produk Berbasis Musiman dan Event

Florist menyukai iklan PPC karena kebanyakan orang tidak mengirim bunga terlalu sering. Jadi mereka baru mencari florist di waktu akhir saat membutuhkannya untuk mengirim bunga pada orang lain.

Mereka mencarinya melalui mesin telusur seperti Google. Itulah mengapa banyak pebisnis bunga yang menghabiskan uangnya untuk beriklan di Google Ads. Beberapa bisnis lain yang berbasis musiman dan event misalnya paket hadiah, kostum, dan pernikahan.

Bagaimana jika memiliki bisnis jenis lainnya? Meskipun tidak termasuk daftar jenis bisnis yang cocok dengan Google Ads di atas tapi bukan berarti tidak bisa mendapat manfaatnya. Bisnis jenis lain juga tetap bisa memanfaatkan Google Ads untuk promosi produknya. Pebisnis perlu menemukan kata kunci yang tepat, tertarget, dan relevan sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan dengan iklan mesin pencari ini.

Menggunakan Google Ads untuk Kepentingan Bisnis

Iklan Pay Per Click adalah alat yang ampuh, tetapi hanya jika digunakan dengan cerdas. Pebisnis harus mengetahui tujuan melakukan promosi iklan telusur ini. Meskipun “lebih banyak penjualan” mungkin terdengar seperti tujuan yang bagus, iklan online mengharuskan pebinis untuk lebih spesifik.

Sangat tidak mungkin bahwa seseorang yang mengunjungi situs web untuk pertama kalinya akan melakukan pembelian. Penjualan online lebih bergantung pada membuat dan memelihara hubungan kepercayaan dengan konsumen. Untuk alasan ini, ada beberapa tujuan bisnis menggunakan iklan berbayar Google Ads, yaitu:

  • Menghasilkan penjualan.
  • Pendaftaran.
  • Pendaftaran email.
  • Memimpin pasar.
  • Meningkatkan kesadaran merek dan nilai ingatan.

Meskipun boleh saja memiliki lebih dari satu tujuan, perlu diingat bahwa harus menjalankan kampanye yang berbeda untuk mencapai tujuan yang berbeda. Selain mengidentifikasi tujuan promosi iklan berbayar, ada prasyarat lain yang sangat penting untuk beriklan di Google Ads, yaitu memiliki halaman arahan atau landing page.

Landing page adalah URL atau laman web tempat pengguna “mendarat” ketika mereka mengklik iklan. Halaman arahan adalah halaman mandiri, berbeda dari situs web utama, yang dirancang untuk fokus pada tujuan tertentu.

Baca Juga: Mau Tingkatkan Omzet dengan Iklan? Berikut Ini Kelebihan dari Facebook Ads dan Instagram Ads

Selain landing page, penting juga untuk melakukan riset kata kunci. Iklan di mesin telusur berhubungan dengan kata kunci yang dipilih oleh target audiens.

Bisnis yang bisa memanfaatkan Google Ads dengan tepat dapat mencapai tujuannya. Pemasar atau pengiklan perlu tahu apa yang harus dilakukan sebelum beriklan. Apapun jenis bisnisnya jika tak memanfaatkannya dengan tepat maka sulit untuk mencapai kesuksesan.

Jenis bisnis yang cocok dengan Google Ads jika belum memiliki iklan online maka perlu segera melakukannya. Pebisnis dengan produk yang banyak dicari dan punya lifetime value tinggi bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari iklan mesin pencari. Penting berinvestasi pada jenis promosi yang memang benar-benar sesuai dengan jenis produknya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down