Sejatinya bagian terpenting dari sebuah strategi pemasaran adalah Lead Generation. Komponen lead generation menentukan calon pelanggan dari bisnis. Pada artikel kali ini, Anda akan memahami seluk beluk terlengkap mengenai apa itu lead generation dan hal-hal penting yang perlu diperhatian. Silakan Anda simak hingga tuntas!
Pengertian Lead Generation
Lead generation merupakan sebuah proses mendapatkan informasi kontak dan data pribadi dari calon pelanggan atau prospek bisnis yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu bisnis. Tujuan dari lead generation adalah untuk membangun hubungan dan menciptakan kesempatan untuk menjual produk atau layanan ke calon pelanggan tersebut di masa depan. Lead generation dapat dilakukan melalui berbagai metode pemasaran seperti iklan online, email marketing, konten pemasaran, dan media sosial.
Hal Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Menjalankan Lead Generation Campaign adalah Branding
Menghadapi kompetitor bisnis janganlah dengan persaingan. Tentunya harus menganggap semua kompetitor sebagai semangat. Anda perlu melihat mereka tentang bagaimana mereka mengoptimalkan branding-nya. Jangan berusaha menjatuhkan melainkan buat satu keunggulan yang lebih berbeda.
Baca Juga: Mau Mengembangkan Relasi Bisnis? Kenali Dulu Apa Itu B2B Marketing
Buat branding lebih optimal dan unggul. Misalnya produk memiliki kemasan yang unik, tentunya hal ini harus Anda maksimalkan. Buat konsumen menjadi lebih ingat dengan branding produk. Ini merupakan tahap awal dalam menarik lead generation.
Selalu Update dan Aktif di Media Sosial
Media sosial merupakan sarana komunikasi dalam menjalankan branding produk. Anda harus terus aktif menggunakan sosial media secara maksimal. Jadi, perlu membuat konten media sosial secara kreatif supaya dapat meningkatkan minat konsumen.
Dengan begitu, konsumen semakin ketagihan mengunjungi profil bisnis. Semakin sering melihat website profil bisnis, konsumen tersebut juga berpotensi menjadi lead generation selanjutnya.
Tak susah menjadi seorang media sosial specialist. Anda perlu membaca beberapa sumber melalui Youtube dan blog. Dari sumber-sumber tersebut, ada banyak informasi yang mengajarkan pengoptimalan media sosial. Supaya akun media sosial bisnis bisa optimal, kamu bisa memaksimalkan penulisan caption, deskripsi, isi konten dan lainnya.
Desain Gambar atau Video Merupakan Hal Perlu Diperhatikan dalam Menjalankan Lead Generation Campaign Berikutnya
Desain gambar dan video produk juga perlu diperhatikan dalam membangun lead generation. Anda perlu membuat desain gambar dan video yang menarik supaya konsumen semakin minat melihat produk. Untuk produk makanan, beri warna dasar yang menggugah selera seperti merah, kuning, dan orange.
Anda juga bisa memberikan warna lain sesuai dengan tema dari produk yang dijual. Terkait dengan produk, ada berbagai macam warna yang bisa kamu tentukan. Salah satu contohnya adalah desain foto yang eye-catching. Selain itu, penataan feed foto Instagram yang menarik juga mampu memberikan keunikan sendiri untuk menarik pelanggan.
Menjadi atau Mencari Influencer yang Mampu Memberikan Kesan Baik pada Pelanggan
Hal apa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Lead Generation Campaign berikutnya adalah tentang influencer. Hal pertama yang kamu lakukan adalah menjadi influencer yang bisa menarik perhatian pelanggan. Salah satu hal yang harus dilakukan influencer adalah bisa membuat pelanggan tertarik dengan produk.
Baca Juga: Kalau Diminta Jelaskan Perbedaan B2B dengan B2C, Begini 8 Perbedaannya!
Namun, jika Anda tidak bisa menjadi influencer yang pas, Anda bisa mencari influencer lainnya. Ada banyak vlogger, pembuat konten lucu atau pembuat konten menarik lainnya yang bisa kamu manfaatkan.
Cari jasa influencer yang tidak terlalu mematok harga di atas standar. Kamu bisa memanfaatkannya secara harian, seminggu atau sebulan dalam beberapa kali. Dengan menggunakan influencer, produk dijamin langsung banyak yang melirik.
Pastikan influencer yang Anda gunakan memiliki skill dan keunggulan dalam menggaet pelanggan. Tidak hanya itu saja, influencer juga harus pandai berkomunikasi dengan interaktif dan lancar. Jika ingin mengetahui influencer yang baik, Anda bisa browsing informasinya lewat media sosial atau website.
Mengikuti Forum atau Komunitas Khusus Marketing
Ikuti forum-forum atau komunitas khusus marketing. Anda bisa mengikuti komunitas yang khusus membahas marketing digital. Dalam dunia marketing, Anda akan lebih memahami tentang lead generation. Di dalam dunia marketing, akan membahas banyak hal tentang macam-macam klien lead generation.
Baca Juga: Kenapa Pebisnis Wajib Tahu Pentingnya Merek Bagi Suatu Produk?
Supaya Anda bisa update terus tentang lead generation. Kamu bisa berdiskusi dengan para anggota komunitas tentang jenis-jenis lead generation. Apa saja yang harus Anda lakukan untuk menggaet klien lead. Selain itu, mintalah beberapa saran agar Anda bisa mendapatkan lead terbaik sesuai dengan produk.
Tentunya, ada banyak komunitas yang bisa Anda ikuti. Komunitas tersebut bisa Anda ikuti di melalui instagram, website, grup WhatsApp, Facebook serta link atau media sosial lainnya. Setelah menjadi member, Anda akan mengetahui marketer mana saja yang lebih berpengalaman dalam memasang lead generation.
Lewat komunitas dan grup member, Anda pun bisa belajar secara langsung tentang hal apa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan Lead Generation Campaign. Anda juga bisa melihat-lihat tentang metode campaign mereka dalam hal mengenalkan brand produk.
Memberikan Free Trial kepada Konsumen
Ibarat sedang membuat makanan, perlu juga untuk memberikan tester kepada konsumen. Hal ini sama halnya dengan lead generation. Konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa Anda harus mencobanya dahulu.
Baca Juga: Perbedaan Brand Awareness dan Reach Ada pada Langkah Objective Campaign Ads
Mayoritas perusahaan di bidang jasa yang menggunakan metode ini. Konsumen akan mencoba terlebih dahulu jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan. Jika trial dianggap berhasil, hal ini nanti yang menjadi tolak ukur leads akan tertarik dengan produk atau tidak.
Free trial sengaja diciptakan supaya para konsumen bisa mencoba dalam sepersekian tahap terlebih dahulu. Pada jam atau penambahan fitur selanjutnya, Anda bisa memasang biaya jasanya sesuai dengan kebutuhan.
Terkadang konsumen merasa tidak puas setelah menggunakan atau membeli produk atau jasa. Mereka bisa-bisa menyesal karena sudah telanjur mengeluarkan biaya untuk membeli produk atau jasa. Selain itu, mereka merasa bahwa produk atau jasa yang sudah terlanjur digunakan tidak sesuai dengan gambar atau foto.
Tidak Berhenti untuk Melakukan Evaluasi Leads
Leads generation tak akan mencapai target jika Anda tidak belajar dari kesalahan. Oleh karena itu, hal yang diperlukan dalam lead generation campaign adalah melakukan evaluasi. Jadi, kamu bisa membuat format leads sebelumnya.
Setelah membuat formatnya, bisa sesuaikan dengan target leads Anda. Pentingnya membuat format adalah untuk menentukan prediksi dari leads produk. Format analisis mengevaluasi qualified lead adalah sebagai berikut.
Baca Juga: Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness untuk Branding yang Lebih Mengena
Lead = jenis konversi + sumber pemasaran. Namun, apabila Anda dapat melihat secara luas, ada banyak faktor yang dapat membuat potensi lead menjadi lebih baik lagi, seperti:
Lead merupakan hasil dari jenis konversi + siapa mereka semua+ apa yang mereka cai sesuai kebutuhan + bagaimana perilaku mereka + bagaimana sumber pemasarannya.
Rumus analisis ini terkadang terlihat sepele. Namun, mayoritas biro jasa dan iklan yang ditemui tak mampu menghubungkan data seperti contoh tersebut. Banyak faktor lain yang menyebabkan analisa ini tidak terealisasi, salah satunya tidak memiliki perangkat lunak yang terhubung dengan sistem periklanan, karyawan dan departement.
SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan.
Selain itu, kami sudah menjadi bagian dari Google Partner, jadi kredibilitas dan cara kerja kami seluruhnya akan kami dedikasikan yang terbaik untuk Anda. Kami pun selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.