Ketika melihat beberapa perusahaan top dunia, pernahkah Anda bertanya, contoh strategi marketing apa yang mereka gunakan. Sehingga perusahaan mereka berkembang cepat, lebih dikenal, dan mampu mengalahkan banyak pesaingnya.
Setiap perusahaan memiliki cara marketing yang berbeda. Selain faktor jenis produk dan layanan, demografi, target market, dan pesaing juga menjadi alasan mengapa marketing setiap perusahaan berbeda.
Contoh Strategi Marketing Perusahaan Top Dunia
Penasaran? Kira-kira strategi marketing apa yang digunakan beberapa perusahaan top dunia? Berikut ini informasi selengkapnya.
Coca Cola
Bicara masalah minuman berkarbonasi, tentu kita kenal dengan banyak produk. Seperti Fanta, Sprite, Pepsi, Coca Cola, dan lain sebagainya. Tapi mengapa hanya Coca Cola yang layak dijadikan contoh strategi marketing.
Karena Coca Cola memiliki strategi marketing yang unik, yaitu dengan memanfaatkan konsistensi brand. Terutama pada logo yang digunakan.
Bayangkan saja. Coca Cola didirikan pada Januari 1892 di Amerika. Hingga usianya 130 tahun, logo dan slogan yang digunakan tetap sama. Hanya menyesuaikan pemasaran sesuai dengan tren dunia.
Konsistensi brand inilah yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing. Coca Cola tetap percaya diri dengan logo yang tetap sama seperti 130 tahun yang lalu.
Apple
Salah satu perusahaan perangkat keras dunia ini juga memiliki strategi pemasaran yang tak kalah unik. Apple memiliki visi "menciptakan sebuah perubahan".
Artinya, Apple tidak hanya menciptakan produk. Tapi juga menciptakan perubahan pada dunia. Citra yang visioner inilah yang menjadi strategi marketing Apple hingga mendunia seperti sekarang.
Colgate
Colgate dikenal sebagai brand pasta gigi. Tapi sebenarnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Produk Colgate tidak hanya pasta gigi saja. Tapi juga sikat gigi, obat kumur, kawat gigi, dan produk perawatan mulut lainnya.
Sadar banyak persaingan, Colgate memiliki cara yang unik untuk melakukan pemasaran. Yaitu memberikan edukasi pada khalayak terkait pentingnya menjaga kesehatan gigi. Bagaimana tahapan membersihkan mulut yang baik.
Dari edukasi inilah akhirnya Colgate mulai dikenal. Caranya edukasi untuk menghindari gigi yang berlubang mendapat apresiasi dari banyak pihak. Sehingga banyak konsumen yang memilih produknya dibanding brand lain.
Starbucks
Siapa yang tidak kenal kedai kopi asal Amerika ini. Starbucks tidak hanya terkenal dengan produknya yang mendunia. Tapi juga contoh strategi marketing unik yang bisa diadopsi oleh banyak pebisnis, terutama pebisnis online.
Meski Starbucks memiliki banyak kedai offline, namun strategi marketing yang digunakan tidak jauh-jauh dari digital marketing. Mereka memilih menggunakan sosial media. Dan membangun hubungan yang erat dengan pelanggan.
Dari hubungan inilah akhirnya muncul berbagai pelanggan loyal. Hingga berimbas pada meningkatnya jumlah penjualan dan dibukanya gerai-gerai baru di berbagai negara lainnya, termasuk Indonesia.
Nike
Nike terkenal sebagai brand sepatu yang digunakan oleh para atlet ternama dunia. Kesan ini tidak terjadi begitu saja. Tapi sengaja diciptakan sebagai strategi pemasaran sejak awal didirikan.
Jika banyak perusahaan sepatu yang memberikan informasi terkait spesifikasi sepatu yang dikeluarkannya, berbeda dengan Nike. Mereka justru membuat dan menjual dengan cerita. Cerita itu digambarkan pada tiap iklan komersial yang mereka buat. Untuk menyugesti para pelanggannya.
Dengan cara ini Nike sukses membuat para customernya merasa menjadi atlet ternama dunia. Hanya dengan aktivitas sederhana saja. Contoh strategi marketing yang layak ditiru bagi Anda yang menyukai teknik storytelling.
IKEA
IKEA adalah sebuah perusahaan retail furniture asal Rusia. Meskipun dari Rusia, namun IKEA telah memiliki pelanggan tetap di Indonesia. Selain memiliki produk yang unik dan multifungsi, IKEA juga menerapkan strategi marketing yang tepat.
Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi IKEA Place Augmented Reality. Dengan aplikasi ini customer bisa menyesuaikan style perabot dengan ukuran rumah hunian.
Tak hanya itu saja. IKEA juga menggunakan digital marketing yang tepat. Sudah ada lebih dari 300 pengguna Pinterest membagikan berbagai postingan IKEA.
Menginspirasi orang lain untuk menggunakan furniture dengan kesan minimalis, fungsional, dan kekinian ini. Bahkan jumlah followers akun IKEA menembus angka 1,6 juta.
Mereka selalu berusaha membuat konten sesuai dengan target market. Membuat setiap produk yang dihasilkan selalu digemari oleh pelanggan di berbagai negara.
Mazda
Bagi penggemar otomotif kelas mewah, pasti tidak asing dengan Brand mobil Mazda. Tidak hanya fitur yang menggiurkan. Mazda hadir dengan contoh strategi marketing yang membuat banyak orang tertarik untuk mengadopsinya.
Yaitu dengan mengeluarkan majalah otomotif yang bernama Zoom-zoom Mazda. Tidak seperti majalah lainnya, Zoom-zoom Mazda Megazine ini dibuat dengan versi minimalis dan kaya akan konten.
Tak lupa juga pengelola memberi ruang bagi pemilik mobil Mazda untuk membagikan cerita heroik dan inspiratif mereka. Ketika berkendara menggunakan mobil mewah ini.
Alih-alih menjelaskan fitur dan kelebihan mobil ini dibandingkan dengan brand mobil lainnya. Mazda justru membiarkan target market merasakan nyamannya menggunakan mobil ini langsung dari testimoni pelanggan.
Alhasil, permintaan penawaran dan pertanyaan tentang dimana dealer terdekat terus berdatangan. Inilah pentingnya observasi target market. Agar bisa membuat konten sesuai dengan kebutuhan calon konsumen.
Generali
Bicara masalah produk asuransi, Anda pasti mengenal Generali. Kebanyakan orang mengenal Generali bukan karena produknya. Tapi justru karena kontennya yang sering muncul di halaman pertama mesin pencarian.
Inilah salah satu contoh strategi marketing menggunakan teknik SEO. Ketika ada audiens yang mengetikkan kata kunci terkait kesehatan, asuransi jiwa, kendaraan, dan rumah, maka Generali akan selalu tampil di halaman pertama.
Ini adalah salah contoh strategi marketing di tengah ketatnya persaingan perusahaan asuransi lainnya. Dengan cara seperti itulah Generali Group menggiring audiens untuk mengenali manfaat apa saja yang diberikannya.
Digital marketing yang mengandalkan teknik SEO inilah yang akhirnya diadopsi oleh banyak perusahaan lain. Terutama perusahaan yang mengandalkan internet marketing. Karena selain murah, SEO juga terbukti memiliki efek jangka panjang.
Lifebuoy
Sadar mendapatkan banyak pesaing, Lifebuoy sebagai salah satu produk Unilever memiliki ciri khas marketing yang unik. Yaitu dengan menggunakan konsep corporate sosial responsibility.
CSR adalah tindakan yang dilakukan sebagai tanggung jawab industri pada lingkungan sekitarnya. Lifebuoy tidak hanya sebatas mengeluarkan produk saja. Tapi juga memberikan sarana dan prasarana hidup yang layak untuk lingkungan.
Salah satunya adalah membangun saluran air bersih pada beberapa provinsi di Indonesia. Dengan cara seperti ini, Lifebuoy seakan ingin mengatakan pada publik.
Semakin banyak keuntungan usaha yang diperoleh, maka semakin banyak pula saluran air bersih yang bisa dibangun. Dan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak ini, tentu saja harus ada kerja sama dari masyarakat.
Yaitu membeli produk sabun Lifebuoy sebanyak mungkin. Sebuah langkah marketing dengan simbiosis mutualisme.
Nah, itulah contoh strategi marketing dari 9 perusahaan besar dunia yang bisa Anda aplikasikan. Masih ada contoh marketing lain yang tak kalah menarik. Namun hanya 9 contoh di ataslah yang paling banyak direkomendasikan.