Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
konten pilar (content pillar)

8 Cara Membuat Konten Pilar yang Menarik dan Informatif

August 12, 2023
No comments
Share
konten pilar (content pillar)

Konten pilar (content pillar) adalah salah satu strategi content marketing yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan otoritas situs web atau konten media sosial Anda.

Dengan fokus pada topik inti yang relevan dengan bisnis atau merek Anda, konten pilar memberikan informasi mendalam dan penting kepada audiens.

Pada artikel ini, kami memberikan edukasi 8 cara membuat konten pilar yang lengkap untuk membantu Anda membuat konten pilar yang menarik dan informatif serta secara efektif unggul di pencarian pengguna.

Singgah sejenak? Retargeting Marketing: 6 Langkah Tingkatkan Keuntungan Bisnis

konten pilar (content pillar)

8 Cara Membuat Konten Pilar (Content Pillar) yang Menarik

1.) Riset Topik yang Relevan dan Populer

Langkah pertama dalam membuat konten pilar yang menarik dan informatif adalah melakukan riset atau penelitian tentang topik apa yang relevan dengan bisnis Anda. Gunakan tools pencarian kata kunci (keyword) seperti Google Trends, Google Keyword Planner, atau Ubersuggest. Pastikan topik dari kata kunci (keyword) yang Anda pilih memiliki keterkaitan dengan layanan atau produk yang akan Anda tawarkan.

2.) Tentukan Tujuan dan Sasaran Konten

Sebelum memulai menulis, tentukan dahulu rancangan konsepnya yang memuat tujuan dan sasaran konten pada konten pilar. Apakah Anda ingin memberikan konten edukasi, inspirasi, hiburan, gimik, tanya-jawab, atau konten yang benar-benah persuasif/hard selling? Dengan menentukan tujuan dan sasaran, Anda bisa mengarahkan angle kontennya agar tepat sasaran dan efektif dalam menyampaikan pesan.

Sedang ramai di lini masa: Good Bye, Logo Burung! Ini Alasan Twitter Ganti Logo Jadi X

3.) Rencanakan Struktur Konten Pilar Anda

Konten pilar harus memiliki struktur yang jelas dan terorganisasi dengan baik. Break down-lah konten Anda menjadi beberapa sub-topik yang relevan dan susun dalam bentuk poin-poin utama. Ibaratkan Anda membuat rancangan peta konsep yang matang. Hal ini akan membantu audiens Anda untuk lebih mudah memahami isi dari konten Anda.

4.) Gunakan Data dan Fakta yang Valid

Untuk membuat konten pilar yang informatif, pastikan Anda menggunakan data dan fakta yang valid tepercaya. Sertakan kutipan dan riset yang absah, statistik terkini, atau contoh kasus pada konten Anda dan meningkatkan kredibilitasnya,

Baca dulu: Cara Asyik Membuat Konten dengan Canva untuk Social Media

5.) Buat Konten yang Mudah Dibaca dan Menarik

Konten pilar yang baik haruslah mudah dibaca dan menarik bagi para audiens. Gunakan paragraf/kalimat pendek, poin-poin terkait, dan subjudul yang jelas untuk memudahkan pemahaman. Sertakan juga gambar atau grafik yang relevan untuk membuat konten Anda lebih menarik perhatian audiens.

6.) Optimalkan Konten dengan Teknik SEO

Konten pilar bisa berlaku untuk konten artikel di blog atau konten media sosial. Alangkah lebih baiknya, supaya konten Anda mudah ditemukan oleh para audiens, optimalisasikan pula menggunakan teknik SEO. Pilih kata kunci utama yang relevan dengan topik Anda dan masukkan ke dalam judul, subjudul, dan konten secara alami, Gunakan pula tautan/ (link) atau ajakan untuk menengok konten sebelumnya.

Perkaya wawasan: SEO On Page dan Off Page, 1001 Trik Mengoptimalkan Konten

7.) Sediakan Call-to- Action (CTA)

Dalam konten pilar Anda, selipkan juga CTA yang nantinya bisa mengarahkan audiens untuk mengambil tindakan lebih lanjut, seperti isi formulir pendaftaran, subscribe newsletter, beli produk/layanan, mengikuti akun, dan sebagainya. Konten sudah bagus apabila tanpa CTA apa gunanya? Tidak ada punch line yang berkualitas juga tidak akan memberi dampak baik bagi konten Anda.

8.) Promosikan Konten Pilar Anda

Setelah konten pilar Anda selesai da dipublikasikan, jangan lupa untuk mempromosikannya. Bagikan konten tersebut melalui media sosial, email marketing, atau platform lain yang relevan dengan audiens Anda. Semakin banyak orang yang mengetahui dan membagikan konten Anda, semakin besar juga dampaknya terhadap peringkat dan otoritas situs web atau konten media sosial Anda.

Bacaan terkini: Ingin Membuat Analisis SWOT? Begini Cara Mudah dan Sederhananya

konten pilar (content pillar)

Kesimpulan

Membuat konten pilar yang menarik dan informatif membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang cermat. Dengan mengikuti 8 langkah di atas, Anda bisa menciptakan konten pilar yang bagus dan menarik, serta secara efektif meningkatkan kualitas dan otoritas situs web atau konten media sosial. Ingatlah untuk terus memantau kinerja konten Anda dan melakukan pembaruan sesuai dengan tren terbaru agar tetap relevan dan berdaya saing.

Bacaan berikutnya: Bagaimana Cara Beriklan di Instagram? Simak 7 Panduan Ringkas

SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, hingga email marketing kami sediakan.

Kredibilitas dan cara kerja terbaik selalu kami dedikasikan untuk Anda. Kami pun selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down