Bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia internet, pastinya nilai Google PageSpeed Insights adalah hal yang harus diprioritaskan.
Semakin tinggi nilai yang muncul, semakin tinggi pula ranking situs tersebut.
Apa PageSpeed Insights itu?
Antarmuka fasilitas Google ini menampilkan laporan performa situs yang dimasukkan. Tinggal masukkan alamat URL situs kemudian laporan performa di perangkat seluler maupun PC dan saran perbaikannya akan muncul. Laporan itu akan berisi skor kecepatan dan pengoptimalan serta saran pengoptimalan. Namun, fasilitas ini tidak digunakan untuk menguji kecepatan, melainkan saran perbaikan performa sebuah situs.
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ranking Website
Seluruh situs yang berada di halaman mesin pencari berada di sana karena mereka menempati peringkat tinggi di mesin pencari tersebut. Ada beberapa teknik yang perlu dilakukan agar itu terjadi, seperti menyesuaikan dengan pembaruan algoritma dan beberapa faktor yang memengaruhi peringkat situs berikut ini.
HTTPS atau SSL
Pada tahun 2018, sebagian besar situs yang berada di halaman pertama mesin pencari menggunakan SSL. Situs yang menggunakan fitur pengamanan memiliki gembok berwarna hijau dengan alamat URL yang diawali dengan https, bukan http. Hal ini dilakukan Google untuk mengamankan data pengguna dan mencegah kejahatan yang bisa terjadi saat berselancar di internet.
Kecepatan Situs
Topik ini berhubungan dengan Google PageSpeed Insights yang sedang kita bahas dalam artikel ini. Kecepatan memengaruhi kemauan pengguna untuk tetap membuka halaman situs tersebut atau tidak. Semakin lama waktu akses ke suatu situs, semakin besar kemungkinan pengguna meninggalkannya. Tentunya Google tidak ingin kehilangan konsumen karena hal ini.
Beberapa hal yang dapat mempercepat kecepatan adalah mengurangi penggunaan plugin, memilih gambar dengan ukuran maksimal sekitar 624 mega piksel, serta menggunakan tema situs dan web hosting yang ringan.