Ternyata tidak hanya UMKM saja yang gencar melakukan digital campaign. Bahkan beberapa perusahaan dunia juga ramai-ramai menggunakan best digital campaign yang dimiliki untuk meningkatkan brand awareness.
Digital marketing adalah cara terbaik untuk memperluas target market. Termasuk target market dari luar negeri. Karena internet marketing memberi kesempatan memperbesar bisnis dengan biaya yang paling minim.
Contoh Best Digital Campaign di Dunia
Bingung mencari ide kreatif untuk mengkampanyekan produk dan layanan? Tidak perlu bingung. Berikut ini ada beberapa best digital campaign dari perusahaan terbaik dunia. Bisa jadi inspirasi kampanye untuk produk atau layanan bisnis Anda.
Heineken
Siapa yang tidak kenal Heineken? Salah satu brand bir ternama dunia ini melakukan kampanye digital yang cukup unik. Tidak menggambarkan bagaimana cita rasa bir kelas dunia tersebut. Tapi dengan menceritakan kisah yang mampu memicu emosi.
Heineken mengajak para penggemarnya untuk ikut bercerita. Bagaimana pengalaman mereka dengan bir ini. Tidak harus pengalaman petualangan yang menakjubkan. Cukup pengalaman sehari-hari.
Seperti menikmati bir di rumah sepulang kerja atau menenggak segelas bis dingin saat santai dan menikmati hari. Tidak hanya sekedar pengalaman berbagi bir dengan orang lain. Seperti keluarga, teman, atau bahkan orang yang baru dikenal.
Cara ini memang sangat sederhana. Namun ternyata mampu membangkitkan emosi audiens saat diposting di media sosial.
Heineken ingin memberi gambaran bahwa brand ini mampu membuat moment lebih berkesan.
Tena
Tena merupakan salah satu brand untuk kebutuhan inkontinensia dari Swedia. Seperti popok atau pembalut. Meski penggunaannya di area tersembunyi, namun Tema berhasil membuat digital campaign yang unik, yaitu mengajak penggunanya untuk bercerita tentang kebutuhan mereka.
Bahwa perawatan pribadi tidak harus selalu tentang kosmetik. Yang terlihat cantik, glamor dan Instagramable. Karena pembalut dan popok juga kebutuhan pribadi yang tak kalah penting.
Terutama untuk para lansia atau pasien inkonsistensi urin. Mereka tetap merasa bahagia menggunakan perawatan yang kurang glamor. Kampanye digital inilah yang terus digaungkan Tena hingga mampu memperluas target market hingga ke luar Swedia.
Single Grain dan Eric Siu
Best digital campaign selanjutnya adalah dari Single Grain, yaitu sebuah perusahaan digital marketing yang dimiliki oleh Eric Siu. Eric Siu sendiri merupakan salah satu ahli digital marketing yang telah membantu banyak orang menggunakan internet marketing.
Salah satu produk yang paling terkenal adalah strategi Multi Saluran. Yang dimaksud dengan strategi multi saluran adalah menggunakan banyak saluran untuk menjangkau lebih banyak lagi target. Baik secara online maupun offline.
Seperti website, social media, email, hingga iklan cetak. Kuncinya hanya satu. Sesuaikan dengan produk dan layanan yang dimiliki.
Eric Siu sebagai owner sekaligus CEO Single Grain menawarkan panduan yang bisa didownload gratis. Dia menulis panduan sesuai dengan pengalaman yang dilakukannya. Baik untuk bisnisnya sendiri maupun untuk customer.
Multi saluran ini tidak hanya bisa menjangkau target market lebih luas. Tapi juga bisa digunakan untuk mempertahankan pelanggan. Dengan cara mengaktifkan keterlibatan mereka dalam proses marketing.
Siapapun bisa mendownload panduan ini dengan gratis. Tapi jika ingin bantuan untuk menerapkannya, maka Single Grain dan Eric Siu adalah partner yang paling baik.
ASOS
ASOS menggunakan kampanye digital yang tak kalah unik, yaitu dengan menggunakan konten buatan penggunaan dan influencer. Ini adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens.
ASOS merupakan brand pengecer fashion online terkemuka dunia. Dia menggunakan konten dari pelanggan untuk meningkatkan brand awareness. Meminta pelanggan berfoto dengan mengenakan produk fashion dari ASOS. Lalu menguploadnya di media sosial.
Selain itu, ASOS juga memanfaatkan para influencer untuk mempromosikan produknya. Memberi kesan glamor pada pada mereka. Lalu meminta pada influencer tersebut untuk memposting di media sosial mereka.
Tak cukup sampai di situ, perusahaan ini juga melakukan kontes foto yang bisa diikuti oleh para audiens. Kostum yang digunakan tentu saja keluaran dari brand tersebut. Pemenangnya akan mendapat produk fashion terbaik dari brand ini juga.
Cara ini termasuk best digital campaign karena banyak orang yang akan terdorong membeli fashion brand ini untuk digunakan sebagai foto kontes. Dari berbagai foto yang terkumpul inilah yang nantinya juga bisa dijadikan konten gratis untuk social media ASOS.
Bagi Anda yang memiliki brand fashion, sepertinya cara ini bisa diadopsi. Selain tidak harus mengeluarkan banyak biaya, cara ini juga sangat efektif.
Wholesome Culture
Wholesome Culture merupakan sebuah brand clothing terkemuka dunia. Berbeda dengan brand lain yang memilih menggunakan influencer untuk memasarkan produknya. Perusahaan ini justru membuat kampanye dengan memanfaatkan kepentingan pelanggan.
Salah satunya adalah kepentingan untuk hidup sehat. Best digital campaign ini memang cukup unik. Menawarkan kelas yoga, makanan sehat, meditasi, dan pilihan lainnya untuk para pelanggan. Tujuannya adalah mempertahankan mereka untuk menjadi pelanggan tetap.
Sekilas antara fashion dengan healthy lifestyle memang tidak nyambung. Namun ternyata perusahaan ini mampu menyelaraskan keduanya menjadi perpaduan yang unik.
Gunakan Best Digital Campaign Anda Sendiri
Lima kampanye digital di atas hanya sebatas contoh saja. Tidak harus diadopsi. Karena setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Sehingga membutuhkan cara kampanye yang berbeda juga, termasuk produk Anda.
Tidak semua produk harus dipasarkan hanya fokus dengan social media saja. Atau hanya fokus menggunakan website marketing saja. Karena ada beberapa produk yang justru lebih efektif dipasarkan dengan menggunakan email marketing, yaitu produk-produk yang membutuhkan pendekatan secara personal.
Salah satunya adalah media informasi atau portal berita. Banyak diantara media informasi yang langsung menawarkan artikel yang bisa dibaca hari ini langsung di email. Cara ini cukup efektif. Karena penerima pesan akan lebih fokus dan tertarik membaca link yang ditawarkan.
Lalu, bagaimana menemukan kampanye digital terbaik untuk produk Anda sendiri?
Kenali Siapa Target Market Potensial
Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah siapa target market paling potensial. Ini adalah hal paling penting untuk membuat kampanye. Tanpa mengetahui informasi ini, Anda tidak akan bisa membuat ide kampanye terbaik.
Di Mana Mereka Banyak Berkumpul?
Setelah mengetahui siapa target market paling potensial, ketahui juga dimana mereka banyak berkumpul secara daring. Tujuannya adalah mengarahkan laju pemasaran ke arah mereka.
Apa Hobi Minat Mereka
Setelah menemukan letak target market, ketahui juga hobi dan minatnya. Ini adalah informasi untuk membuat bahan konten. Anda bisa menemukan ide konten seperti apa yang paling sesuai dengan produk.
Jangkau dengan Konten yang Relevan
Dan yang terakhir adalah membuat konten dari ide tersebut. Pastikan konten yang sifatnya komunikatif. Tujuannya agar ada komunikasi imbal balik dari audiens.
Cara ini bisa Anda lakukan untuk menggiring mereka melakukan apa yang Anda inginkan. Seperti membeli produk atau menggunakan layanan.
Bagaimana? Ternyata menemukan best digital campaign tidak sulit, bukan? Anda tinggal kembangkan kreatif untuk mendapatkan ide terbaik.