Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Apa yang Dimaksud dengan Google Ads dan Apa Kelebihannya?

Apa yang Dimaksud dengan Google Ads dan Apa Kelebihannya?

August 14, 2022
No comments
Share

Google dikenal sebagai mesin pencari paling populer di dunia. Bagi pebisnis yang ingin beriklan di jaringan Google maka perlu menggunakan Google Ads. Apa yang dimaksud dengan Google Ads dan apa kelebihannya? Benarkah pebisnis bisa mendapat banyak keuntungan? Simak pembahasan berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Google Ads dan Apa Kelebihannya?

Google Ads adalah solusi dan program periklanan Google bagi bisnis untuk beriklan di jaringan pencarian yang lebih luas. Melalui platform iklan, pebisnis dapat beriklan ke dua mesin pencari terbesar di dunia, yaitu Google dan YouTube. Jika ingin beriklan di produk Google lainnya seperti Gmail, program Google Ads adalah satu-satunya cara.

Saat ini, ada lebih banyak iklan di Google dan platform online lainnya. Pebisnis yang tidak menggunakan iklan penelusuran dan jenis iklan lain dalam bisnis bisa merasakan dampaknya. Bagi banyak bisnis, beriklan di Google telah menjadi keharusan untuk tetap kompetitif, bukan sekadar cara untuk meningkatkan pendapatan dan jangkauan.

Apa yang dimaksud dengan Google Ads dan apa kelebihannya perlu dijelaskan secara detail. Selain itu ada juga pertanyaan tentang bagaimana Google Ads bekerja. Di jenis iklan penelusuran seperti yang dimiliki Google Ads, pemasar bertujuan untuk menempatkan iklan di posisi hasil penelusuran setinggi mungkin sambil melayani maksud penelusuran pengguna sedekat mungkin. Sedangkan sasaran iklan bergambar/banner adalah untuk menggabungkan minat pengguna dengan iklan yang mungkin ingin mereka terima.

Baca Juga: Jasa Google Ads Murah: Bongkar Habis Keefektifannya Di Sini!

Di Google Ads, pengiklan menawar kata kunci untuk memiliki kesempatan menempatkan iklan mereka di halaman hasil pencarian atau situs web lain. Lelang iklan terjadi setiap kali pengguna menelusuri apa pun di Google Search atau mengunjungi situs web di jaringan yang lebih luas.

Di setiap lelang, Google menghitung Peringkat Iklan yang menentukan apakah pengguna melihat iklan tersebut di tempat pertama. Ada 6 faktor yang mempengaruhi ranking atau peringkat iklan, yaitu:

  • Penawaran tertinggi.
  • Kualitas iklan dan pengalaman laman landas.
  • Peringkat iklan harus lebih tinggi dari ambang batas.
  • Daya saing.
  • Konteks penelusuran pengguna (perangkat, lokasi, waktu, dan maksud penelusuran).

Salah satu komponen kunci untuk membuat iklan berperingkat lebih tinggi adalah dengan mengoptimalkan kualitas iklan. Pengiklan dapat memantau metrik yang disebut Skor Kualitas, kombinasi metrik kualitas iklan dari performa sebelumnya.

Skor Kualitas berada pada skala dari 1 hingga 10, dan ini menentukan seberapa relevan iklan tersebut. Google tidak menggunakan angka mutu sendiri dalam lelang iklan aktif. Namun, ini malah bisa membantu pengiklan mengoptimalkan kualitas iklan secara keseluruhan.

Tipe Google Ads

Google Ads menawarkan banyak tempat untuk beriklan online melalui banyak layanan Google dan jaringannya yang luas. Google memiliki lebih dari dua juta aplikasi dan situs web pihak ketiga. Google Ads dapat muncul di semua properti Google dan jaringan situs web pihak ketiganya.

Layanan Google yang dapat menempatkan iklan, antara lain:

  • Google Search.
  • Gmail.
  • Google Shop.
  • Google Maps.
  • Youtube.
  • Google Discovery.

Berbagai iklan yang berbeda dalam strategi distribusi konten dapat membantu menjaga upaya pemasaran dan periklanan selalu segar. Ini memiliki berbagai format iklan yang menargetkan orang-orang di berbagai tahap saluran penjualan. Kampanye dan jenis iklan yang tersedia di Google Ads, antara lain:

  • Iklan penelusuran (Iklan teks).
  • Iklan belanja Google (Iklan produk).
  • Iklan video (Youtube).
  • Iklan bergambar.

Kelebihan-kelebihan Google Ads

Google Ada memiliki banyak manfaat bagi pemasaran bisnis. Apa yang dimaksud dengan Google Ads dan apa kelebihannya? Berikut adalah beberapa kelebihan dari Google Ads.

Jangkauan Besar Google

Saat ini Google telah meningkatkan dirinya dari sekadar merek menjadi kata kerja. Istilah "Google" sebenarnya didefinisikan dalam Kamus Merriam Webster. Sekarang, ketika orang memiliki pertanyaan yang perlu dijawab, pemberhentian pertama mereka biasanya adalah Google.

Baca Juga: 5 Keuntungan dari Google Ads Marketing

Di antara pengguna ada orang yang mencari solusi untuk masalah yang dapat ditawarkan oleh pengiklan. Jika mereka pernah menggunakan internet, kemungkinan mereka telah mencari jawaban untuk sesuatu di Google. Jika pebisnis dapat membantu mereka menemukan jawabannya, meskipun dengan iklan, mereka cenderung memilihnya daripada pesaing.

Kemampuan yang Memungkinkan Berbagai Penargetan

Penawaran pada istilah pencarian kata kunci yang luas seperti "perangkat lunak akuntansi" akan menampilkan iklan kepada prospek pada tahap awal proses penelitian produk. Pengiklan bisa menangkap informasi mereka dengan halaman arahan dan mulai mengirimi mereka konten informatif yang membuktikan otoritas perusahaan.

Teknik kuat lainnya untuk menambah basis pelanggan adalah menawar istilah pencarian kata kunci panjang seperti "perangkat lunak akuntansi untuk pemasar lepas." Ini umumnya lebih murah, dan bisa untuk menarik perhatian orang-orang yang mencari persis apa yang ditawarkan.

Seringkali orang yang menelusuri kata kunci yang panjang dan spesifik memiliki lebih banyak niat. Niat adalah apa yang membuat orang yang dijangkau menjadi lebih berpotensi membeli melalui iklan.

Memanfaatkan Niat

Di media sosial, pengguna biasanya tidak mencari solusi untuk masalah yang mengganggu kehidupan sehari-hari mereka. Mereka mencari foto bayi dan foto liburan serta pembaruan keluarga. Dan ketika beriklan ke seseorang yang tidak ingin diiklankan, maka akan sulit.

Namun, di jaringan pencarian, pemasar bisa beriklan kepada orang-orang yang mencari sesuatu yang spesifik. Saat iklan muncul, ini membantu mereka menemukan jawabannya alih-alih mengganggu pengalaman menjelajah online mereka.

Pertahankan Kontrol Penuh Atas Kampanye Iklan

Membeli ruang iklan dengan perangkat lunak atau “iklan terprogram" seperti Google Ads, mudah dilakukan bahkan oleh satu karyawan yang terlatih dengan baik. Tenaga perusahaan dapat memulai dan menghentikan kampanye, menjangkau orang yang tepat dengan harga yang tepat, dan melakukan semuanya secara instan. Iklan yang terprogram membantu pebisnis dapat mengalokasikan sumber daya dan waktu untuk inisiatif mendesak lainnya.

Budget yang Fleksibel

Pengiklan memiliki kontrol penuh dan menyeluruh atas anggaran kampanye Google Ads. Pengiklan mengontrol semuanya mulai dari tawaran maksimum pada iklan hingga anggaran harian kampanye.

Pengiklan juga dapat memutuskan berapa banyak yang ingin dibelanjakan setiap bulan dan menyesuaikan anggaran berdasarkan grafik kinerja. Saat iklan berkinerja sangat baik, dapat meningkatkan pengeluaran iklan untuk meningkatkan hasil yang diinginkan. Ini bekerja secara terbalik untuk mengurangi pengeluaran iklan pada iklan yang berkinerja buruk.

Lihat Hasil dalam Format yang Mudah Dipahami di Google Ads

Google membuat semuanya lugas dan mudah dimengerti. Cari tahu informasi dasar seperti klik, tayangan, anggaran kata kunci, dan lainnya. Pengiklan memperoleh informasi yang lebih terperinci dengan integrasi Google Analytics.

Ini memungkinkan untuk melihat dengan tepat bagaimana pengunjung berperilaku di situs web, sampai ke apa yang mereka klik, ke mana mereka pergi selanjutnya, dan berapa lama mereka menghabiskan waktu di sana.

Apa yang dimaksud dengan Google Ads dan apa kelebihannya telah dijelaskan dengan rinci. Pebisnis bisa memanfaatkan iklan mesin telusur ini untuk membantu mempromosikan produk dan mencapai tujuan tertentu.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down