Bisnis digital tanpa bantuan Google layaknya sayur tanpa garam dan gula. Tak ada keseimbangan rasa di dalamnya. Rasa apa yang mengimbangi? Rasa gurih yang pas dari perpaduan produk berkualitas dan Google Ads. Apa yang dimaksud dengan Google Ads di sini?
Program periklanan online oleh Google ini adalah tools yang kuat yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk, meningkatkan brand awareness, membantu penjualan produk sampai mengerucut ke beberapa target tertentu, dan tentunya menaikkan traffic ke website sebuah brand.
Apa yang Dimaksud dengan Google Ads Bisa Mencapai Keuntungan Tertentu?
Bisnis digital tak lengkap tanpa promosi melalui produk-produk digital seperti ads di beberapa media sosial atau platform. Bahkan platform yang hanya sekadar untuk have fun saja seperti TikTok memiliki potensi promosi digital yang bisa mendatangkan traffic ke website toko dan meningkatkan angka penjualan. Semua bentuk iklan online bisa membantu Anda menjangkau calon-calon pelanggan baru yang ada di seluruh dunia.
Baca Juga: 9 Strategi Marketing di Instagram untuk Omzet yang Lebih Meroket
Google telah lama menjadi pilihan pertama search engine saat Anda hendak mencari sesuatu sampai ke akar-akarnya, bukan? Google membantu Anda mencari sesuatu yang Anda butuhkan sampai mengerucut ke beberapa poin dengan level teratas agar apa yang Anda cari tepat guna. Begitu pula dengan apa yang Google Ads lakukan.
Anda bisa mencapai keuntungan tertentu dengan menggunakan produk iklan online pilihan terbaik ini seperti jangkauan promosi yang menyeluruh hingga terhubung ke seluruh platform, iklannya cepat menyesuaikan dengan perubahan yang ada, mencapai target marketing tertentu yang berpotensi mendatangkan cuan, ringan bagi Anda karena hanya akan membayar sesuai hasil yang diperoleh, dan masih banyak lagi.
Apa yang Dimaksud dengan Google Ads dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Cara kerja Google Ads cukup sederhana dan mudah bagi mereka orang-orang awam sekalipun. Meskipun algoritma Google selalu mengalami pembaharuan, Anda masih dapat terus melakukan promosi dengan Google Ads. Tahapan sederhana cara kerja Google Ads hanya ada tiga.
Membuat iklan berdasarkan keywords atau kata kunci. Pihak Google Ads hanya akan menggunakan kata-kata kunci tertentu yang sesuai dengan produk yang sedang Anda promosikan. Ini akan membuat iklan Anda mudah mendapat klik sehingga posisi iklan Anda akan berada di posisi atas.
Orang-orang yang mencari sesuai kata kunci akan melihat iklan Anda. Iklan yang tayang melalui Google Ads selalu berada di sisi atas, samping kanan, atau bawah sesuai hasil pencarian dengan ‘sponsored link’.
Menggiring pengunjung sesuai target. Google Ads mengusung pakem ‘semakin traffic tertarget maka semakin meningkat penjualannya’. iklan Google Ads melalui pengaturan yang tepat akan dapat menarik pengguna internet sesuai target, yaitu mereka yang sedang mencari produk atau jasa yang Anda promosikan.
Baca Juga: Cara agar Biaya Iklan Tak Sia-sia, Pakai Google Ads Marketing Plan
Menerapkan Apa yang Dimaksud dengan Google Ads di Usaha Anda
Para pebisnis hendaknya menerapkan Google Ads untuk usahanya. Baik itu usaha online maupun usaha offline. Jika Anda sama sekali awam tentang penggunaan Google Ads di bisnis digital, maka Anda bisa menghubungi layanan pasang iklan Google.
Namun, jika Anda bisa memasangnya sendiri dengan meraba pelan-pelan maka Anda bisa mengikuti tahap-tahapnya sebagai berikut.
- Anda bisa langsung membuka Googla Ads, lalu klik Mulai Sekarang.
- Selanjutnya, Anda bisa masukkan tujuan campaign untuk usaha. Anda bisa memilih App Promotion, Product and Brand Consideration, Brand Awareness and Reach, Website Traffic, Sales, dan Leads.
- Kemudian, Anda akan menuju ke pemilihan jenis tampilan Google Ads. Kelima jenis tampilan ini akan Anda lihat di bahasan selanjutnya. Klik Continue jika Anda sudah selesai memilih.
- Tahap selanjutnya adalah memilih target lokasi dan bahasa. Ada berbagai macam pilihan dan Anda hanya perlu menyesuaikan saja dengan yang Anda butuhkan.
- Kemudian, nantinya akan menentukan target audiens. Sesuaikan target audiens dengan bisnis.
- Selanjutnya bisa memilih anggaran harian yang perlu Anda keluarkan setiap hari. Anggaran ini sesuai dengan biaya per klik per keyword dan jumlah klik dalam satu hari. Biaya per klik akan makin tinggi jika Anda memilih banyak keywords yang cukup bersaing.
- Bidding. Langkah selanjutnya adalah menentukan biaya untuk harga sekali klik iklan. Anda bisa menyerahkan bidding ini pada Google dimana Google akan menentukan harga per kliknya. Biasanya Google akan meninjau dari jumlah pengiklan sesuai kategori yang sama. Selain itu, Anda juga bisa menentukan sendiri bidding sesuai pengamatan Anda. Pastikan Anda bisa menyesuaikan dengan anggaran harian maksimal Anda. Namun, jika Anda ragu dengan bidding sendiri, ada baiknya Anda menyerahkan semuanya pada Google karena ia akan bekerja sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan sejauh ini.
- Selanjutnya masukkan informasi lain bisnis.
- Masukkan pula keywords yang ada hubungannya dengan bisnis Anda. Terakhir, klik Save and Continue.
- Selanjutnya, Anda bisa mengisi beberapa kolom untuk pembuatan judul dan deskripsi iklan. Klik Save and ContinUE setelahnya.
- Last but not least, Anda harus memasukkan detil penagihan pembayaran. Jangan lupa untuk memilih mata uang sebagai transaksi jual beli, pilih zona waktu untuk waktu terbaik iklan Anda muncul, pilih jenis akun individu sebagai info untuk pelanggan, metode pembayaran (apakah manual melalui transfer atau kartu kredit dan otomatis melalui kartu kredit saja), dan klik centang persetujuan. Setelah tahap terakhir tadi Anda akan menerima form tagihan iklan. Anda pun dapat membayar setelahnya. Selanjutnya, iklan Anda akan tayang beberapa saat setelah mendapat persetujuan Google seluruhnya.
Jenis Tampilannya
Ada lima jenis tampilan Google Ads yang bisa dipilih di poin ket-3 di atas. Anda bisa pilih salah satu sesuai dengan tujuan pembuatan iklan digital Anda. Kelima pilihan itu adalah:
Baca Juga: Jasa Iklan TikTok, Solusi Terbaik untuk Perkembangan Bisnis
- Display Ads. Iklan ini akan muncul di website tertentu karena faktor lokasi geografis, minat audiens, dan keywords.
- Search Ads. Iklan ini akan muncul saat seorang pengguna mencari kata kunci tertentu. Anda bisa memilih tampilan Google Ads ini jika Anda ingin meningkatkan traffic pengunjung website.
- Video Ads. Iklan ini berupa video yang akan muncul di beberapa situs berbagi video tertentu. Anda bisa melihatnya di sebuah video dalam Youtube.
- Shopping Ads. Iklan ini menyediakan informasi seputar produk yang sedang sebuah brand tawarkan. Para pengunjung dapat melihat nama penjual, gambar produk, dan harganya.
- Universal App Campaign. Iklan ini mempromosikan aplikasi tertentu.
Anda saat ini sudah tahu betul apa yang dimaksud dengan Google Ads dan bagaimana penerapannya, bukan? Segera lakukan pemasangan iklan ini agar bisnis digital bisa berjalan dengan lebih mulus dan terjadi peningkatan penjualan. Salam sukses dan berkibar selalu untuk usaha Anda!