Google memberikan pengalaman berharga bagi penggunanya. Mesin pencari digital besutan Sergey Brin semakin terdepan. Terlebih lagi dengan munculnya fasilitas periklanan. Layanan ini sangat membantu pelaku usaha kecil hingga besar. Bahkan sudah terkenal sebagai media marketing yang canggih. Meski begitu, pengusaha wajib mengetahui apa saja tujuan beriklan menggunakan Google Ads.
Jenis Iklan yang Tersedia pada Google Ads
Menjalankan strategi digital marketing haruslah tepat. Perlu mempertimbangkan dengan matang terhadap media yang digunakan. Apalagi promosi secara digital saat ini berada pada persaingan ketat. Pengusaha besar maupun kecil berusaha meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Sementara, penggunaan platform digital mampu memberikan dampak besar.
Oleh sebab itu, pencari digital ini menawarkan beragam fitur handal. Pengusaha bisa menggunakan fitur yang sesuai dengan strategi marketingnya. Semua jenis layanan ini sangat relevan bagi pebisnis kecil maupun besar. Mereka bisa menggunakan setelah mengetahui apa saja tujuan beriklan menggunakan Google Ads. Sehingga kegiatan promosi dapat tepat sasaran.
Google Search Network
Jenis iklan berbayar yang satu ini sangat populer belakangan. Pelaku usaha kecil, menengah hingga besar dapat memanfaatkan fitur ini. Orang yang berkecimpung di dunia bisnis biasa menyebutnya Google Ads. Tampilan banner akan muncul pada halaman mesin pencari Google. Dengan begitu, banyak orang yang melihat campaign. Caranya dengan menentukan kata kunci yang relevan dengan promosi bisnis.
Google Display Network (GDN)
Dengan menggunakan GDN, pebisnis dapat menjangkau pelanggan lebih banyak. Karena iklan digital ini dapat menemukan target market yang tepat. Jenis iklan bisa berupa gambar, teks, atau animasi. Format yang menarik dapat muncul pada website, aplikasi dan game online. Seringnya, promosi ini nampak ketika penjelajah internet membuka situs favorit mereka.
Baca Juga: Ini 3 Manfaat Besar Menggunakan Jasa Agensi Google Ads Marketing
Tampilan visual yang menarik dapat membuat pembaca penasaran. Mereka dapat melakukan aktifitas tertentu pada campaign tersebut. Sehingga terjadi engagement yang menguntungkan bagi perusahaan.
Google Shopping
Ingin tampilan yang lebih berkesan lagi? Pebisnis bisa memanfaatkan fitur Google Shopping. Disini, pembuatan akan iklan lebih menarik. Karena tim marketing bisa membuat visual campaign lebih detail dalam berbagai format. Tentunya lebih mengutamakan gambar dari produk. Penjelasan mengenai detail produk diperlihatkan secara jelas. Hingga bisa dikatakan seperti katalog.
Dengan menggunakan pemasaran ini, pembaca memiliki gambaran. Khususnya terhadap produk yang sedang ditawarkan. Mereka cenderung tertarik membaca lebih jauh. Besar kemungkinan melakukan pembelian saat dirasa cocok dan butuh.
Google Video
Memasarkan produk melalui video memberi kesan tersendiri. Ini dapat memicu pengguna internet untuk melihat iklan sampai akhir. Pebisnis dapat mengatur konten film sendiri. Tayangan iklan ini bahkan bisa muncul pada YouTube, aplikasi selular dan website yang bekerja sama dengan Google. Tim marketing bisa membuat video dalam berbagai format. Pengusaha dapat memilih video discovery, instream, dan bumper.
Google Play
Beda dari yang lain. Dalam Google Play, pemilik usaha tidak bisa mengatur sesuka hati. Tapi, platform ini menyediakan panduan untuk membantu pengaturan. Sehingga ide, seperti teks, gambar dan pendukungnya diolah oleh fitur ini. Mesin pencari populer akan memberikan beberapa pilihan iklan dalam berbagai jaringan dan format.
Apa Saja Tujuan Beriklan Menggunakan Google Ads?
Setelah mengetahui jenis fitur periklanan, maka lanjut pada tujuan melakukan promosi. Terlebih lagi, tayangan promosi digital ini sering mondar-mandir pada perangkat. Orang yang suka berselancar dalam dunia maya pasti familiar. Karena promosi sering muncul pada saat membuka website. Bahkan selalu ada dalam halaman mesin pencari populer Google. Tentu saja cukup membuat penasaran pembacanya.
Media Memperkenalkan Produk
Tujuan utama penayangan iklan adalah mengenalkan produk. Apalagi jika perusahaan memiliki produk baru. Mereka merasa perlu untuk mengumumkan kepada khalayak ramai. Dengan harapan orang yang mengenal tertarik untuk mencobanya.
Pengenalan produk atau jasa sebenarnya juga kebutuhan dua belah pihak. Google Ads menjadi media yang mudah dan cepat. Terlebih di jaman digital ini, siapa yang tidak kenal mesin pencari informasi ini? Hampir semua manusia menyematkan Google pada perangkatnya.
Mencari Pelanggan Baru
Pengusaha tidak bisa bertahan hanya dengan satu model bisnis atau produk. Jika pun ada, maka pemasaran harus gencar. Usaha yang stagnan hanya membuat bisnis lumpuh. Sementara itu, perkembangan teknologi berjalan begitu cepat. Pada akhirnya, gulung tikar tanpa strategi yang benar.
Manusia juga tumbuh dan berkembang. Sehingga pelaku usaha tidak bisa mengandalkan pelanggan lama saja. Belum tentu pembeli setia akan membayar untuk hal yang sama. Pebisnis membutuhkan pelanggan baru. Agar selalu mendapat keuntungan. Sekaligus memperluas jaringan pasar pada area baru.
Membuat Iklan Sendiri Berdasarkan Kata Kunci
Ketika memilih beriklan menggunakan layanan ini maka kata kunci berperan penting. Dalam fitur ini, pebisnis berkesempatan memilih dan menetapkan keyword. Sehingga pelaku usaha mengatur sendiri kata kunci yang relevan. Dengan strategi yang tepat maka keyword mudah dicari pelanggan. Iklan yang sudah pebisnis atur akan muncul pada bagian atas halaman Google.
Menarik Minat Penjelajah Internet
Sekarang, siapa yang tidak menggunakan internet? Seluruh penjuru dunia memanfaatkan internet untuk beraktifitas. Bahkan jaringan internet ini bisa diakses melalui berbagai perangkat. Tidak terbatas pada komputer atau laptop. Telepon genggam kini sudah dilengkapi dengan pendukung jaringan.
Tentu saja ini cukup menguntungkan bagi pebisnis yang beriklan dengan Google Ads. Banner yang muncul dapat menarik minat penjelajah dunia maya. Terlebih lagi, banyak orang yang memakai mesin pencari favorit ini. Kemungkinan besar memperoleh pelanggan cukup tinggi.
Memunculkan Iklan pada Peringkat Atas Google
Situs toko atau perusahaan bisa muncul pada peringkat atas di mesin pencari. Hal inilah yang menjadi ambisi para pelaku usaha. Jika iklan berada pada baris atas, besar kemungkinan terbaca oleh audiens. Ini terjadi karena pembaca mengetikkan kata kunci tertentu. Tentu saja, jika isi website cocok dengan kebutuhan, maka pembaca berubah menjadi pelanggan.
Mengukur Kesuksesan Bisnis
Tidak hanya menayangkan iklan, Google Ads dapat mengukur kesuksesan bisnis. Fitur ini memiliki tools yang diperlukan oleh pebisnis. Sehingga tersedia data yang mendekati akurat. Dari data tingkah laku pelanggan atau calon pembeli, pelaku usaha mendapatkan kesimpulan. Nantinya, data tersebut dijadikan bahan evaluasi biaya, investasi dan kondisi trafik.
Baca Juga: 5 Keuntungan dari Google Ads Marketing
Mendapatkan Target Bisnis yang Tepat Sasaran
Tampilan iklan memiliki kemampuan menarik minat pasar. Lebih baik lagi jika jangkauannya luas dan tepat sasaran. Melalui platform ini, banner atau website dapat menjangkau orang dengan kebutuhan tertentu. Sehingga calon pelanggan yang berminat akan melihat tayangan promosi dari perusahaan.
Meningkatkan Reputasi Website Toko
Bagi pengusaha, reputasi sangat berharga. Karena reputasi yang baik, menunjukkan seberapa puas pelanggan. Berarti pula, perusahaan atau produknya terkenal di kalangan masyarakat. Keberadaan iklan dalam peringkat atas dapat meningkatkan reputasi website toko. Secara perlahan pebisnis menciptakan branding sendiri.
Baik pengusaha kecil maupun besar, harus mempertimbangkan jenis iklan. Mengenali apa saja tujuan beriklan menggunakan Google Ads perlu benar-benar dipahami. Agar pemilik bisnis menerapkan strategi marketing yang tepat sasaran. Sehingga omset dapat terus meningkat. Dengan kata lain, memasang banner pada mesin pencari nomor satu ini berhasil.