Omnichannel adalah sistem online offline yang kini mempermudah proses jual beli pada sebuah website. Omnichannel merupakan sebuah penghubung antara penjual dan pembeli agar bertransaksi dengan mudah secara online. Mudahnya proses transaksi akan memberikan pengalaman belanja yang super fantastis pada para pelanggan.
Bagi pemilik bisnis online, Anda harus melengkapi website Anda dengan menggunakan omnichannel karena omnichannel akan mempermudah siapa saja dalam melakukan akses website toko online selama 24 jam di berbagai perangkat. Adapun perangkat yang dapat digunakan, yaitu laptop, komputer, handphone, netbook, notebook, dan masih banyak lagi lainnya.
Dalam sebuah omnichannel, para pembeli dapat menukarkan atau mengembalikan barang yang tidak sesuai pada gambar di website. Para pebisnis sudah mengetahui hal ini sehingga sudah dipersiapkan penanganan terhadap pembeli yang ingin mengembalikan produk. Biasanya proses pengembalian bisa dilakukan pada omnichannel dengan mudah. Pelanggan hanya tinggal mengikuti langkahnya di website toko online.
Peran dan Tantangan Omnichannel
Anda harus mengetahui bahwa omnichannel memiliki peranan yang sangat penting di website bisnis online. Peran utamanya, yaitu sebagai pengawas website. Proses pengawasan omnichannel lebih ke pergerakan pelanggan yang akan berbelanja pada website. Melalui pengawasan tersebut, omnichannel dapat mengetahui bahwa pelanggan tersebut sudah puas atau tidak melakukan belanja produk di website.
Omnichannel juga memiliki peranan untuk mempermudah pengunjung website dalam berbelanja. Adapun peranannya, yaitu menyediakan beberapa informasi tambahan mengenai produk sehingga pembeli dapat tertarik dengan produk. Bisa jadi omnichannel ini dapat digunakan sebagai media promosi langsung melalu website Anda. Sangat fleksibel dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
Perkaya wawasan: Strategi Marketing Bisnis Kesehatan Farmasi
Apakah menggunakan Omnichannel sangat penting?
Tentu saja penting dan direkomendasikan sekali untuk Anda. Khususnya bagi pebisnis yang memiliki toko online maka wajib menggunakan ini. Dijamin produk yang berada di website akan laris manis seperti kacang goreng.
Sekarang Anda harus mengetahui tantangan omnichannel. Ada beberapa tantangan yang harus dilakukan, diantaranya: dapat hadir pada satu channel saja, mampu berjalan pada sistem offline dan online, saling terintegritas secara parsial, dan dapat hadir dalam beberapa saluran, namun tidak terintegritas penuh.
Tantangan ini khusus digunakan untuk membuat omnichannel semakin maju dalam membantu pengembangan website bisnis online. Anda bisa membuktikan bahwa tantangan ini benar dan sama sekali tidak bohong.
Kelebihan Omnichannel di Dalam Sebuah Website
Pelanggan yang melakukan pembelian produk secara online melalui website omnichannel pasti akan merasakan perbedaan. Pelanggan jelas sekali merasa berbeda ketika berbelanja pada website biasa dan website berbasis omnichannel. Pada website yang menggunakan omnichannel, pelanggan bisa melihat semua ulasan produk dari pelanggan lain sebelum membeli sehingga tidak takut karena produknya sudah terjamin bagus.
Saat membaca ulasan mengenai produk, Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa produk yang dijual memiliki kualitas tinggi atau sebaliknya. Bila produk berkualitas maka Anda dapat melanjutkan pembelian.
Para pelanggan juga tidak akan kecewa karena ketika stok barang telah habis. Website omnichannel ternyata secara otomatis akan memberikan informasi kepada pelanggan jika stok habis.
Omnichannel sangatlah bagus untuk website dan memudahkan proses jual beli. Keuntungan menggunakan Omnichannel yang bisa dirasakan oleh pelanggan lainnya dapat dilihat berikut ini:
- Meningkatkan pengunjung website, karena belanja di website Anda yang menggunakan omnichannel lebih mudah dan menarik.
- Membuat pelanggan semakin puas dalam berbelanja online karena telah diberikan pelayanan yang terbaik.
- Identitas satu pelanggan dapat digunakan untuk berbelanja ke berbagai tempat channel.
- Informasi mengenai harga, diskon, ketersediaan produk selalu dijelaskan secara transparan kepada pelanggan, sehingga mereka mengetahui dengan detail tentang informasi produk.
- Meningkatkan penjualan produk, hasilnya pendapatan atau keuntungan semakin meningkat pesat.
Kelebihan omnichannel dapat dirasakan oleh kedua belah pihak. Oleh karena itu, omnichannel ini sangat mendukung perkembangan bisnis online yang telah menggunakan website. Tidak salah kalau Anda menggunakan omnichannel untuk disisipkan pada website Anda, supaya lebih bagus dan keuntungan omzet penjualan juga akan mengalami peningkatan secara pesat.
Semakin yakin untuk menggunakan omnichannel maka Anda harus mengetahui bahwa ada berbagai perusahaan di Indonesia yang telah menggunakan omnichannel pada bisnisnya dengan tepat. Konsep omnichannel yang dipakai tersebut sudah diterapkan pada perusahaan Chipotel, Starbuck, Oasis, Virgin Antlantic, Disney, REI, dan Bank of America. Anda juga bisa menggunakannya sama seperti perusahaan bergengsi tersebut.
Suksesnya menggunakan omnichannel untuk website online dapat dirasakan oleh semua orang. Bahkan, kesuksesannya akan lebih cepat karena omnichannel merupakan praktik bisnis yang mengombinasikan sistem online dan offline. Inovasi yang dilakukan oleh omnichannel ini sangat unggul sehingga banyak yang tertarik untuk menyisipkan omnichannel pada websitenya.
Perbedaan Multichannel dan Omnichannel
Perbedaan utama antara multichannel dan omnichannel terletak pada pendekatan dan integrasi pengalaman pelanggan.
Dalam multichannel, berbagai saluran penjualan seperti toko fisik, situs web, aplikasi seluler, dan lainnya bekerja secara terpisah, dengan sedikit atau tanpa koordinasi antar mereka. Pelanggan mungkin mengalami ketidaksempurnaan dalam perpindahan antar saluran.
Di sisi lain, omnichannel adalah pendekatan yang lebih terintegrasi, di mana semua saluran penjualan bekerja bersama untuk memberikan pengalaman yang konsisten kepada pelanggan. Informasi dan data pelanggan dibagi antara saluran sehingga pelanggan dapat beralih antar mereka dengan lancar tanpa kehilangan kontinuitas.
Omnichannel fokus pada memberikan pengalaman yang mulus dan seragam kepada pelanggan di seluruh saluran, menciptakan hubungan yang lebih erat antara pelanggan dan bisnis.
Bacaan berikutnya: CRM (Customer Relationship Management): Pengertian, Manfaat, Tools, dan Cara Mengembangkan
SAB Digital Marketing Agency adalah pilihan yang tepat untuk mempercayakan perjalanan bisnis Anda ke ranah digital.
Sebagai salah satu digital marketing agency terkemuka di Jakarta, SAB Digital Marketing Agency telah terbukti menjadi mitra yang andal dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis. Kami berkomitmen untuk membantu Anda mencapai kesuksesan dengan berbagai terobosan inovatif dalam pemasaran yang dirancang khusus sesuai dengan profil bisnis Anda.
Dengan layanan yang komprehensif, mulai dari lead generation, email marketing, desain dan pengembangan landing page, hingga SEO dan periklanan digital, SAB Digital Marketing Agency membantu bisnis Anda mendapatkan impresi positif di antara target sasaran berkualitas. Kami akan membantu Anda memahami peluang di dunia digital dan memaksimalkan potensi bisnis Anda secara online.
Percayakan kepada ahli di SAB Digital Marketing Agency untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda. Kami siap bekerja sama dengan Anda dalam membangun dan memperkuat online presence bisnis Anda. Hubungi kami hari ini dan lihat bagaimana kami dapat membantu Anda mewujudkan visi bisnis Anda di dunia digital.
Pelajari profil SAB dengan cara klik di sini atau langsung menjadwalkan konsultasi gratis dengan digital expert SAB dengan cara klik di sini.