Lead adalah salah satu konsep krusial dalam dunia marketing dan bisnis. Jika Anda sosok digital marketer atau pebisnis, memahami apa itu leads dan bagaimana cara mendapatkan leads merupakan langkah penting untuk meraih keberhasilan dalam menjajakan produk.
Arti kata lead dalam marketing merujuk pada sebuah prospek yang bisa Anda targetkan sebagai orang potensial yang bisa dikonversikan menjadi pelanggan aktif. Tentunya harus kita sajikan informasi edukatif, produk berkualitas, dan pesan persuasif yang bagus pula.
Dalam artikel ini, kami paparkan bahasan mendalam mengenai apa itu leads, manfaat sales leads, dan strategi cara mendapatkan leads yang melimpah dan berkualitas. Simak dengan saksama!
Bacaan rekomendasi: 7 Macam Strategi Marketing untuk Kembangkan Bisnis Anda
Table of Contents
Apa yang Dimaksud dengan Lead?
Lead itu apa? Dalam bisnis dan pemasaran, arti leads dalam marketing merujuk pada calon pelanggan atau prospek potensial yang menunjukkan minat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.
Lead adalah sesuatu yang diperoleh melalui berbagai metode, seperti formulir online, pendaftaran suatu webinar, event online, pengunduhan berkas online, atau melalui interaksi langsung dengan calon pelanggan.
Di sini, lead disebut juga sebagai prospek. Istilah "prospek" merujuk pada sosok potensial untuk menjadi pelanggan karena ada minat atau ketertarikan terhadap suatu produk atau layanan bisnis.
Kaitan erat marketing lead dan sales lead adalah bahwa marketing lead itu calon pelanggan potensial yang dihasilkan melalui upaya pemasaran, sedangkan sales lead itu calon pelanggan yang telah dianggap layak oleh tim pemasaran dan siap untuk diupayakan agar bisa mengonversi penjualan dan menjadi pelanggan aktif.
Sedang trending: Bagaimana Cara Menjalankan TikTok Ads? [11 Panduan Penting]
Manfaat Leads dalam Bisnis Pemasaran
Manfaat leads dalam bisnis pemasaran ini sangatlah variatif dan beragam, di antaranya:
- Peluang penjualan - Leads adalah prospek potensial yang menunjukkan minat pada produk atau layanan perusahaan. Jika pengelolaan leads berjalan dengan baik, perusahaan bisa meningkatkan peluang untuk mengonversi leads menjadi pelanggan yang sebenarnya.
- Peningkatan konversi - Dengan berfokus pada leads yang berkualitas, perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif dan terfokus, meningkatkan kemungkinan konversi leads menjadi pelanggan setia.
- Pengembangan hubungan pelanggan - Leads bisa memberikan wawasan tentang minat dan preferensi calon pelanggan. Melalui informasi ini, perusahaan bisa membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih personal dengan para prospek, meningkatkan kesetiaan pelanggan pada masa depan.
- Efisiensi pemasaran - Apabila perusahaan bisa menargetkan leads relevan, otomatis perusahaan bisa menghemat sumber daya dan anggaran pemasaran pada fokus prospek yang lebih mungkin menghasilkan konversi.
Singgah sejenak? Teknik Cross Selling dan Up Selling Marketing untuk Bisnis Anda
Macam-macam Leads dalam Marketing
Masih berkenaan dengan apa itu leads dalam marketing, terdapat macam-macam leads yang perlu Anda ketahui:
Cold Leads
Leads yang belum menunjukkan minat khusus terhadap produk atau layanan Anda. Mereka ini mungkin telah memberikan informasi kontak, tetapi belum menunjukkan ketertarikannya. Tanpa mereka memberitahukan kontak kepada Anda, Anda maish bisa mendapatkan informasi data diri mereka melalui tools pencarian data leads
Warm Leads
Leads yang telah menunjukkan minat awal terhadap produk atau layanan Anda. Mereka mungkin saja telah mengunjungi situs web atau media sosial Anda, mengisi formulir, atau berinteraksi dengan konten Anda secara aktif, tetapi masih belum ada niat untuk membeli atau menggunakan produk/layanan Anda dalam jangka waktu terdekat.
Hot Leads
Leads yang menunjukkan minat tinggi dan siap untuk melakukan pembelian atau tindakan lebih lanjut. Mereka bisa saja telah menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau meminta penawaran lebih detail.
Qualified Leads
Leads yang telah tersaring dan memenuhi kriteria tertentu untuk menjadi prospek yang berpotensi dan berkualitas tinggi. Mereka ini memiliki karakteristik yang sesuai denga target pasar dan kemungkinan besar untuk bisa dikonversi menjadi pelanggan
Unqualified Leads
Leads yang tidak memenuhi kriteria atau tidak sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Mereka bisa dikatakan bukan calon pelanggan yang tepat untuk produk atau layanan Anda.
Marketing Qualified Leads (MQLs)
Leads yang telah diidentifikasi oleh tim pemasaran sebagai calon potensial, berdasarkan perilaku dan minat mereka terhadap konten dan marketing campaign.
Sales Qualified Leads (SQLs)
Leads yang bisa dinilai oleh tim sales dan dianggap siap untuk diarahkan ke tahap penjualan lebih lanjut. Merek ini sebenarnya sudah menunjukkan minat dan niat untuk membeli produk atau layanan.
Jangan Anda lewatkan! 6 Tahapan Penting untuk Membangun Brand Persona
Bagaimana Cara Mendapatkan Banyak Leads?
Cara mendapatkan leads ada beberapa upaya yang harus Anda lakukan, di antaranya sebagai berikut:
Membuat Konten Menarik
Buatlah konten yang berkualitas, informatif, unik, dan menarik (tentunya relevan) untuk target audiens Anda. Konten ini bisa berarti blog, video, email marketing, infografik, panduan, dan hal-hal menarik lainnya. Selaraskan dengan produk atau layanan bisnis Anda.
Penggunaan Media Sosial
Manfaatkan platform media sosial untuk berinteraksi dengan audiens yang potensial bagi bisnis Anda. Buat unggahan (postingan) yang menarik dan relevan secara teratur untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) Anda dan mengarahkan pengguna ke halaman website Anda.
Kampanye Email Marketing
Gunakan strategi email marketing untuk berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan. Berikan sesuatu yang bernilai atau penawaran khusus kepada pelanggan potensial yang mendaftar melalui email Anda.
Landing Page yang Efektif
Buat landing page yang menarik dengan CTA yang jelas. Pastikan halaman ini langsung menunjukkan penawaran atau konten yang Anda promosikan. Kebingungan cara membuat landing page gratis? Klik di sini.
SEO (Search Engine Optimization)
Optimalisasikan website dengan strategi SEO. Gunakan kata kunci (keyword) yang relevan dan tepat sasaran. untuk menciptakan sesuatu yang informatif bagi pengunjung web ( web visitor). Usahakan web Anda bisa berada di halaman pertama pencarian Google dengan 3 peringkat teratas demi menghasilkan traffic yang tinggi.
Iklan Berbayar
Aktifkanlah iklan berbayar seperti Google Ads, Meta Ads, atau lainnya untuk menargetkan audiens yang tepat sasaran dan meningkatkan traffic ke situs web Anda. Strategi iklan berbayar ini bisa Anda lakukan setelah isi konten web atau media sosial Anda benar-benar lengkap dan informatif sesuai dengan persona bisnis.
Giveaway
Buat agenda giveaway atau bagi-bagi hadiah menarik untuk para audiens Anda. Ini tentu bisa mendatangkan banyak perhatian, partisipasi, meningkatkan kesadaran merek, dan mendapatkan leads yang melimpah.
Kemitraan atau Kolaborasi
Jalin kemitraan dengan perusahaan atau influencer yang relevan untuk memperluas jangkauan Anda dan mendapatkan akses ke audiens baru.
Webinar atau Acara Online
Sajikan konten berkualitas melalui agenda webinar atau acara online sejenisnya. Event seperti ini memberikan Anda kesempatan untuk menunjukkan keunggulan dari tim dan produk atau layanan Anda sehingga para target bisa berkenan untuk mengisi formulir atau data diri.
Analisis dan Pengoptimalan
Selalu pantau dan analisis kinerja kampanye digital marketing Anda. Gunakanlah data untuk mengidentifikasi apa yang berhasil dan hal-hal yang perlu dioptimalkan kembali agar bisa mendapatkan online marketing lead yang berkualitas.
Penutup
Setiap perusahaan atau brand harus mengenali peran penting apa itu leads dalam marketing. Leads adalah pintu gerbang untuk mengonversikan prospek menjadi pelanggan setia. Dengan memahami karakteristik dan perilaku calon pelanggan, Anda bisa merancang kampanye pemasaran yang lebih efektif dan berfokus pada target pasar yang tepat.
Bacaan berikutnya: Cara Menjalankan Kampanye PPC yang Efektif
SAB Digital Marketing Agency adalah mitra pemasaran digital tepercaya yang bisa Anda andalkan untuk membantu bisnis atau merek Anda mendatangkan leads berkualitas.
Dengan ditunjang tim ahli yang berpengalaman dalam strategi pemasaran digital yang efektif, SAB mampu mengidentifikasi dan menjangkau target audiens yang tepat sehingga menghasilkan calon pelanggan potensial yang relevan dan berkualitas.
Dengan pendekatan yang berfokus pada analisis data dan penargetan yang akurat, SAB bisa membantu meningkatkan jumlah dan kualitas leads yang masuk 75% lebih tinggi dan besar yang akan mengoptimalkan proses konversi penjualan.
Hubungi SAB sekarang untuk menjadwalkan sesi konsultasi gratis bersama tim digital expert agar bisa memberikan solusi terbaik demi pertumbuhan bisnis Anda lebih pesat. Klik di sini.