Branding telah menjadi salah satu aspek yang penting dalam dunia bisnis modern. Tak hanya sekadar logo dan slogan, branding merupakan identitas uni yang memberikan kesan dan citra bagi suatu bisnis di mata konsumen.
Bagi para pengusaha dan pemasar, memahami fungsi branding bagi bisnis sangat penting untuk meraih kesuksesan dan keberlanjutan bisnis mereka.
Sehubungan dengan hal itu, artikel ini menyajikan informasi peran dan pentingnya branding bagi bisnis. Penasaran apa saja fungsi branding bagi bisnis? Mari simak dengan saksama!
Table of Contents
Bacaan rekomendasi dari kami: Apakah Bisnis Franchise Jadi Bisnis Menjanjikan?
Mengenali Branding: Apa dan Bagaimana?
Branding adalah suatu strategi yang terdiri dari serangkaian elemen, seperti nama, logo, desain, dan pesan, yang digunakan untuk menciptakan cutra yang konsisten dan mudah diingat bagi suatu bisnis atau produk di benak konsumen. Tujuan utama branding adalah membedakan bisnis dari pesaingnya dan menciptakan hubungan emosional yang kuat dengan konsumen.
Pernahkah Anda berbincang dengan rekan perihal suatu topik? Misalkan saja Anda dan rekan Anda sedang membahas tempat menjual cake and bakery. Lalu, rekan Anda atau bahkan Anda saling melontarkan rekomendasi salah satu brand.
Itulah yang dimaksud dengan fungsi branding! Apa maksudnya? Ketika Anda atau rekan Anda menyebutkan salah satu brand, berarti upaya branding dari brand tersebut telah berhasil 'mencuri' sisi psikologis dan emosional kita semua.
Ada banyak brand cake and bakery, lantas mengapa yang tebersit dalam benak Anda atau rekan Anda itu salah satu brand tersebut tadi? Itulah fungsi branding yang sebenarnya. Selengkapnya, kami bahas melalui bagian di bawah ini.
Ingin singgah sejenak? 13 Peluang Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal & Cara Memulainya
7 Fungsi Branding bagi Bisnis atau Perusahaan
Pertama: Meningkatkan Kesadaran Merek
Salah satu fungsi utama branding adalah meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Ketika sebuah merek sudah dikenal dan diidentifikasi oleh banyak orang, peluang mendapatkan konsumen baru akan semakin tinggi. Konsumen cenderung memilih merek yang sudah dikenal dan dipercayai daripada mencoba produk atau layanan dari merek yang belum pernah mereka dengar atau coba sebelumnya.
Kedua: Membangun Kepercayaan
Brand yang kuat dapat membangun kepercayaan di antara konsumen. Ketika merek tersebut telah menciptakan kesan positif dan memenuhi harapan konsumen, mereka akan mereka lebih percaya dan cenderung menjadi pelanggan setia. Kepercayaan yang terjalin akan berdampak positif pada reputasi bisnis dan dapat menarik pelanggan baru secara organik melalui word of mouth atau rekomendasi dari rekan-rekan.
Ketiga: Memperkuat Identitas dan Nilai Bisnis
Branding juga berperan dalam memperkuat identitas dan nilai bisnis. Setiap merek biasanya memiliki cerita (story), mencerminkan tujuan bisnis, dan nilai-nilai (value) yang diusung oleh bisnis tersebut. Identitas yang kuat akan membantu bisnis menarik perhatian dan mengundang banyak peminat calon konsumen. Niscaya, fungsi branding bagi bisnis Anda akan semakin bermunculan dan mendulang hal-hal baik bagi merek Anda.
Keempat: Diferensiasi dan Memperkuat Keunggulan Brand
Persaingan di pasar kini semakin ketat. Branding pun bisa memainkan peran krusial dalam membedakan bisnis dari para pesaing atau kompetitornya. Saat Anda menjalankan fungsi branding bagi bisnis pada tahap ini, terlebih konsumen telah mengidentifikasi dan mengingat merek Anda maka Anda sudah berhasil membuat brand positioning yang tepat dan bagus di benak atau pikiran mereka. Hal ini akan membantu Anda bertahan di tengah gempuran persaingan dan mengunggulkan produk bisnis.
Perkaya wawasan Anda: Ketahui Peluang, Modal, dan Strategi Pemasaran Bisnis Kafe
Kelima: Memudahkan Pemasaran dan Komunikasi
Apabila fungsi branding bagi bisnis dibangun dengan konsisten dan kuat maka akan memudahkan upaya pemasaran dan komunikasi bisnis. Saat konsumen sudah mengenali merek Anda, pesan dan kampanye pemasaran akan lebih mudah dipahami dan diterima oleh target audiens. Hal ini mengurangi biaya pemasaran dalam jangka panjang dan meningkatkan efisiensi upaya pemasaran.
Keenam: Nilai dan Aset Bisnis yang Tak Tertandingi
Fungsi branding bagi bisnis itu bisa membuat merek jadi kuat dan menciptakan aset yang tidak tertandingi. Merek (brand) yang sudah mapan akan diakui memiliki nilai yang signifikan dan unggul, kemudian bisa menjadi aset berharga bagi bisnis. Sebagai contoh, merek-merek kebanggaan yang ada di benak atau pikiran Anda saat ini memiliki nilai yang berarti, bukan?
Ketujuh: Menghadirkan Nuansa Baru dan Meningkatkan Profitabilitas
Fungsi branding bagi bisnis yang terakhir, tetapi gak kalah penting yaitu untuk menciptakan nuansa dan persepsi nilai premium atau eksklusif. Ketika merek Anda telah berhasil membangun citra yang baik, berkelas, estetis, atau yang selaras dengan visi-misi bisnis, tentu bisa menjadi reputasi yang terdepan. Alhasil, konsumen berani membayar produk barang/jasa bisnis Anda sesuai harga yang Anda pasang. Jadi, branding pun memiliki tujuan ke arah peningkatan profitabilitas bisnis dengan menaikkan harga jual tanpa mengurangi permintaan dari pelanggan setia yang meyakini kualitas dan keunikan dari merek tersebut.
Baca juga: Ketahui 7 Perbedaan Brand Awareness dan Brand Positioning
Kesimpulan
Branding adalah elemen vital dalam strategi bisnis modern, terlebih pada era digitalisasi saat ini. Fungsi branding bagi bisnis di atas akan membantu merek Anda mencapai kesuksesan dan pertumbuhan bisnis dari seiring berjalannya masa.
Tentunya, semua hal-hal di atas itu tidak terlepas dari investasi waktu, usaha, kerja sama, dan sumber daya Anda bersama dengan tim yang memadai untuk membangun merek yang kuat.
Semoga, dengan pemahaman melalui artikel ini, Anda bisa melangkahkan merek ke arah branding yang jelas dan unggul sehingga bisa menciptakan hubungan yang erat dengan konsumen dan mengukir posisi yang kokoh di industri pemasaran dan bisnis.
Bacaan berikutnya: Bagaimana Cara Beriklan di Instagram? Intip 7 Panduannya
SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan.
Kredibilitas dan cara kerja terbaik selalu kami dedikasikan untuk Anda. Kami pun selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.