Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Cara Membuat Digital Campaign

8 Cara Membuat Digital Campaign dengan Website

July 20, 2022
No comments
Share

Keberadaan website sebagai salah satu media kampanye digital sangatlah penting. Tidak hanya sebatas toko online saja. Tapi juga platform untuk memperluas jangkauan market. Inilah alasan mengapa perlu mengetahui cara membuat digital campaign dengan website.

Website akan membuat toko lebih profesional. Mempermudah transaksi. Dan juga sarana edukasi dengan menggunakan konten-konten yang informatif. Dengan website Anda bisa membuka toko selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

8 Cara Membuat Digital Campaign dengan Website

Membangun website tidak hanya sebatas membuatnya lalu membiarkannya begitu saja. Tapi juga perlu merawat dan mengelolanya agar mendapat banyak traffic. Berikut beberapa cara membuat digital campaign dengan website yang bisa Anda lakukan.

Gunakan Teknik SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara kampanye produk dan layanan dengan menguasai halaman pertama mesin pencarian. Tujuannya agar website lebih mudah ditemukan untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung.

Mengapa perlu meletakkan website di halaman pertama? Karena 90% pengunjung akan membuka website yang berada di halaman pertama mesin pencarian.

Jika tidak ada, alih-alih akan mencari ke halaman berikutnya. Pengunjung justru keluar dan mengganti kata kunci. Dari perilaku pengunjung inilah perlu usaha agar website memiliki ranking yang tinggi dan mampu menguasai page one Google.

Membuat Konten yang Menarik

Kenapa harus konten? Karena hanya konten yang bisa menarik leads lebih banyak. Konten website memang identik dengan tulisan. Tapi tidak ada salahnya jika menambah dengan beberapa gambar, infografis, hingga video.

Sebelum membuat konten, sebaiknya cari kata kunci yang sesuai. Gunakan beberapa tool pencarian kunci yang tepat. Cari kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tinggi dan persaingan yang rendah.

Artinya, kata kunci tersebut banyak dicari oleh audiens. Tapi tidak banyak dibahas oleh website lainnya. Keyword seperti inilah yang paling ideal untuk dibuat konten.

Setelah menemukan, segera tulis artikel dengan menyisipkan kata kunci. Seperti di dalam judul, 100 kata pertama, 100 kata terakhir, sub-heading dan beberapa di badan artikel.

Cara ini cukup efektif untuk memancing bot indexing menemukan website Anda saat ada yang mengetikkan kata kunci. Selain itu, pastikan loading website cepat agar audiens tidak kabur dan memilih membuka link website lainnya.

Dibandingkan dengan menggunakan iklan berbayar, menggunakan teknik SEO memang lebih lama. Tapi hasilnya jangka panjang. Karena yang didapatkan adalah traffic organik.

Menggunakan Iklan PPC

Iklan PPC atau Pay Per Click adalah cara membuat digital campaign dengan website selanjutnya. Biaya iklan yang harus Anda bayarkan hanyalah sejumlah klik yang didapat.

Advertiser juga bisa menargetkan jangkauan target market. Semakin luas jangkauannya, maka semakin mahal harga iklan yang harus Anda bayar. Tapi ini akan sebanding dengan jumlah konversi yang akan didapatkan.

Dibandingkan dengan sistim SEO, iklan PPC memungkinkan kenaikan ranking lebih cepat. Iklan ini juga sering disebut sebagai langkah instan untuk bisa mendapatkan traffic yang tinggi.

Namun sayangnya, bagi sebagian digital marketer, cara ini cukup mahal. Karena jika tidak ada budget iklan, ranking website akan turun dan tidak bisa lagi berada di halaman awal mesin pencarian.

Menggunakan Iklan Retargeting

Retargeting adalah cara membuat digital campaign dengan membuntuti siapapun yang mengunjungi website Anda. Bekerja dengan cara memasang cookie pada perangkat visitor.

Misalkan ada satu visitor yang baru saja mengunjungi website Anda. Setelah itu, dia membuka website lainnya. Saat berada di situ lain itulah iklan dari website Anda tetap saja mengikuti. Tujuannya agar selalu diingat hingga akhirnya mau melakukan apa yang Anda inginkan.

Ternyata cara ini cukup efektif. Selain mampu mendapat customer baru, juga bisa meningkatkan brand awareness. Karena sistim pelacakan ini ternyata mampu membuat penasaran target hingga mau kembali lagi ke website semula.

Memanfaatkan Email Marketing

Email marketing merupakan platform tersendiri dan terpisah dari website. Namun masih bisa digunakan untuk mendukung performa sebuah situs.

Perlu diketahui bahwa banyak orang perlu lebih akrab dulu dengan konten sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli produk atau menggunakan layanan. Dan email adalah cara terbaik sebagai kompas agar audiens mau mengunjungi website.

Kelebihan email marketing dibandingkan dengan platform adalah sifatnya yang private. Hanya Anda dan penerima saja yang tahu. Tidak ada audiens lain yang terlibat. Dengan cara ini Anda lebih leluasa melakukan kampanye secara face to face.

Dorong terus target market untuk membuka website. Dengan cara memberi informasi tentang apa saja yang telah dia lewatkan setelah kunjungan terakhirnya di situs. Seperti artikel terbaru, diskon, produk baru, dan lain sebagainya.

Gunakan Google My Business

Google My Business adalah fitur yang digunakan disediakan oleh Google. Terutama jika Anda memiliki toko fisik. Dengan fitur ini, Anda bisa menyediakan berbagai informasi terkait bisnis melalui Google.

Seperti nama toko, jam buka tutup, layanan yang diberikan, alamat toko offline, dan informasi terkait bisnis lainnya. Pada Google My Business juga ada kolom pemberian rating dan komentar dari customer.

Di sini mereka akan memberikan testimoni pada toko offline. Meski tidak dipungut biaya pada saat pembuatannya, namun fitur ini cukup membantu untuk mengembangkan bisnis Anda. Terutama untuk pencarian terdekat.

Yang paling banyak menggunakan fitur ini adalah restoran, hotel, destinasi wisata, rumah sakit, dan SPBU. Pastikan memberi keterangan selengkapnya tentang bisnis. Ini akan membantu audiens menemukan toko offline Anda jika mereka membutuhkan segera.

Menggunakan Sosial Media Marketing

Selain menggunakan email marketing dan SEO, Anda juga bisa menggunakan sosial media marketing sebagai cara membuat digital campaign untuk website.

Caranya dengan membagi konten website pada sosial media. Selain mampu meningkatkan traffic organik, cara ini juga bisa digunakan jika tidak ada waktu banyak untuk membuat konten. Karena satu konten bisa untuk dua platform. Website dan sosial media.

Adakan Acara Giveaway

Sampai sekarang, giveaway masih menjadi pancingan paling manjur untuk bisnis apapun. Termasuk juga meningkatkan traffic website. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah dengan menawarkan e-book gratis yang bisa diunduh melalui website.

Dengan cara ini banyak orang akan berbondong-bondong mengunjungi website. Demi bisa mendownload e-book gratis ini. Pastikan isi e-book memang benar-benar berbobot agar meraka tidak merasa kecewa.

Jika traffic sudah tinggi, baru lakukan pengisian konten yang bermanfaat. Sampai sekarang cara ini masih banyak digunakan oleh owner website untuk meningkatkan lalu lintas situs yang mereka kelola.

Jika lalu lintas telah tinggi, maka konversi penjualan juga akan turut meningkat. Karena pemasaran akan semakin luas dengan target market yang lebih banyak.

Itulah berbagai cara membuat digital campaign dengan website. Pastikan untuk selalu memperbarui konten secara berkala. Agar audiens tidak bosan mengunjungi situs Anda.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down