Marketplace adalah platform digital di mana penjualan dan pembeli dapat bertemu untuk melakukan transaksi jual-beli online. Seiring dengan meningkatnya popularitas marketplace, banyak pelaku bisnis, baik perusahaan atau pribadi beralih untuk menjual produk melalui marketplace. Pada artikel ini, pahami cara berjualan di marketplace hingga bisa meraup keuntungan yang tinggi. Setidaknya, ada beberapa kiat agar produk jualan Anda bisa lebih unggul dibandingkan kompetitor.
Table of Contents
Apa Pentingnya Meningkatkan Konversi Penjualan di Marketplace?
Cara berjualan di marketplace tidak terlepas dari objektifnya itu sendiri, yakni meningkatkan konversi penjualan. Dengan meningkatkan tingkat konversi, Anda dapat:
A. Mengoptimalkan Pendapatan
Semakin tinggi tingkat konversi, semakin banyak transaksi penjualan yang terjadi, dan akhirnya semakin tinggi pendapatan yang dihasilkan oleh penjual.
B. Memaksimalkan Investasi
Setiap upaya pemasaran dan biaya yang dikeluarkan untuk berjualan di marketplace akan memberikan hasil yang lebih baik.
C. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Tingkat konversi yang tinggi mencerminkan kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan sehingga dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap merek atau toko online.
D. Bersaing secara Efektif
Di marketplace, persaingan antarpenjual sangat ketat. Meningkatkan konversi membantu penjual untuk lebih unggul dan bersaing dengan penjual lainnya.
Baca dulu: 11 Panduan Penting + Strategi Digital Marketing UMKM
8 Cara Berjualan di Marketplace, Kunci Sukses Meraup Keuntungan Tinggi
Optimalkan Profil Anda
Sempurnakan profil penjual untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Mulai dari informasi toko, verifikasi toko, testimoni, foto produk, deskripsi produk, dan hal-hal lain yang terdapat di marketplace pilihan Anda. Profil penjual yang tepercaya dan profesional akan membawa dampak positif bagi reputasi dan performa bisnis Anda di marketplace.
Lakukan Keyword Research
Sebelum beranjak untuk berjualan secara masif, pastikan Anda menargetkan kata kunci pencarian pada setiap produk yang Anda jual. Tip dari kami: prioritaskan kata kunci utama, gabungkan kata kunci panjang, jangan terlalu panjang di bagian judul produk, dan terakhir selalu perbarui secara berkala agar tetap update dan relevan dengan pencarian calon pembeli.
Tulis Deskripsi Produk yang Menarik
Deskripsi produk tidak perlu bertele-tele ataupun panjang lebar. Cukup utamakan keunggulan produk, gunakan bahasa yang mudah dipahami, pakai ikon bullet poin yang menarik (tidak berlebihan), dan kalimat atau kata yang persuasif—yang bisa memantik tingkat ke-FOMO-an pengunjung toko Anda.
Gunakan Gambar atau Video Produk yang Bagus
Banyak penjual yang mengabaikan bagian ini. Faktanya, kualitas foto dan video akan memengaruhi tingkat keputusan pembelian. Jangan sampai Anda mencuri foto dan video produk dari kompetitor bisnis. Pun, gunakan foto dan video yang yang high resolution, estetik, dan sesuai dengan persona bisnis Anda. Informasikan sedikit informasi kata-kata pada setiap foto atau video agar calon pembeli lebih memahami produknya.
Jangan Abaikan Strategi Harga
Agar bisa 'memainkan' sisi psikologi calon pembeli, berikan permainan strategi harga. Anda bisa menentukan harga plus, mark up, break even point, dan menganalisis harga kompetitor. Dari sinilah Anda bisa menetapkan harga untuk setiap produk yang nantinya akan Anda pasang di marketplace.
Respons Customer dengan Ramah dan Responsif
Pahamilah bahwa Anda berjualan produk di marketplace ditujukan untuk para target pasar yang berminat dengan produk Anda. Bagaimanapun keadaannya, Anda harus menjaga entitas bisnis yang baik dan profesional. Jadi, bersikaplah ramah, membantu, dan responsif terhadap segala yang yang diperlukan oleh calon pembeli Anda. Jangan abaikan mereka!
Mulai Promosikan Produk Anda
Jika berjualan di marketplace sudah berjalan dengan baik dan setiap produk sudah tertata dengan baik pada setiap kategori/etalase, Anda bisa mulai menjalankan periklanan atau promosi produk yang lebih masif di kanal media sosial. Hal ini berguna agar menjaring potensi target pasar yang lebih berkualitas dan mendulan prospek penjualan yang lebih tinggi.
Lacak dan Evaluasi Hasil Strategi
Kaji setiap strategi yang telah Anda terapkan. Anda bisa melacak dan mengevaluasi performa marketplace Anda setiap dua minggu atau sebulan sekali bersama dengan tim (jika ada). Ada banyak metrik yang bisa Anda jadikan tolok ukur keberhasilan, mulai dari tingkat klik, kunjungan, purchase, dan sebagainya. Sete;ah itu, bandingkan dengan pencapaian minggu atau bulan lalu. Rekaplah semuanya dan analisis strategi lanjutannya.
Sedang ramai di lini masa: 7 Cara Mudah Tingkatkan Retensi Pelanggan, Dijamin Konsumen Repeat Order
Apa Saja Tantangan saat Berjualan di Marketplace?
Meskipun marketplace menawarkan peluang bisnis yang menarik dan mendulang potensi keuntungan tinggi, Anda sebagai penjual juga akan dihadapkan pada sejumlah tantangan. Kami coba beberkan beberapa tantangan umum yang bisa saja Anda hadapi saat berjualan di marketplace.
- Persaingan yang ketat - Marketplace menampung ribuan bahkan jutaan penjual yang berjualan produk serupa. Anggap saja kompetitor bisnis Anda. Persaingan yang ketat ini menuntut Anda sebagai penjual untuk menonjolkan keunikan produk agar dapat menarik perhatian calon pembeli.
- Tampilan produk yang kurang menarik - Deskripsi produk tidak jelas, foto produk yang buram, atau informasi produk yang kurang lengkap dapat menyebabkan calon pembeli enggan untuk melakukan transaksi. Anda wajib juga memperhatikan hal-hal semacam ini.
- Pengaturan harga yang kompetitif - Berjualan di marketplace tidak terlepas dari harga. Menetapkan harga yang kompetitif sambil tetap menguntungkan adalah tantangan bagi Anda selaku pihak penjual. Pada basisnya, harga merupakan salah satu faktor dalam penentu keputusan pembelian.
Kendati demikian, Anda sebagai penjual di marketplace juga memiliki peluang besar untuk meraih kesuksesan dalam berjualan. Ingin tahu apa saja peluangnya? Simak di bawah ini.
- Akses ke pangsa pasar yang luas - Marketplase memiliki basis pelanggan yang besar dan beragam. Hal ini memberikan kesempatan kepada Anda untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan berpotensi meningkatkan penjualan.
- Fitur promosi - Banyak marketplace yang menyediakan fitur dan program yang membantu Anda selaku penjual untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas produk.
- Kemudahan dalam proses penjualan - Marketplace menyediakan platform yang mudah digunakan untuk mengelola produk, inventaris, dan transaksi pembayaran, yang membuat proses berjualan menjadi lebih efisien.
Perkaya wawasan: Strategi Marketing E-commerce, Naikkan Penjualan 5x Lipat
Penutup
Itulah 8 cara berjualan di marketplace yang sering kali diabaikan oleh para penjual. Meskipun begitu, Anda harus tetap memperhatikan kelengkapan profil hingga pelacakan dan evaluasi strategi bisnis marketplace.
Semoga, setelah menerapkan kedelepan strategi di atas, toko di marketplace Anda semakin laris dan bisa menjangkau konversi penjualan yang lebih tinggi. Terpenting, selalu jaga kualitas produk dan perhatikan feedback dari customer yang berdatangan.
Bacaan lanjutan: Berjualan di Marketplace, 15 Panduan Penting untuk Anda!
SAB Digital Marketing Agency bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang di era transformasi digital saat ini. Apa pun yang Anda butuhkan mulai dari desain web dan optimalisasinya, leads generation, SEO/SEM, email marketing, hingga manajemen media sosial kami sediakan.
Kredibilitas dan cara kerja terbaik selalu kami dedikasikan untuk Anda. Kami pun selalu berorientasi pada proses, data, hingga hasil yang akurat untuk menghasilkan sesuatu yang progresif untuk persona bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dengan cara klik di sini.