Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Google Ads Marketing

5 Keuntungan dari Google Ads Marketing

July 15, 2022
No comments
Share

Google Ads marketing adalah pengembangan dari Google AdWords yang fungsinya sama. Yaitu sebagai media iklan pada digital marketing. Google AdWords dibuka pada tahun 2000. Advertiser membayar langganan bulanan, lalu pihak Google yang akan mengelola iklannya.

Ternyata sistim ini kurang efektif. Hingga akhirnya Google membuat sistim dimana pengiklan bisa mengelola iklannya sendiri. Maka hadirlah Google Ads seperti sekarang ini.

Google Ads merupakan salah satu produk unggulan dari Google. Memberi kesempatan para pelaku UMKM bisa memasang iklan tertarget dengan biaya yang sangat minim. Lalu apa kelebihan menggunakan Google Ads? Kita akan membahasnya lengkap di sini.

Keuntungan Kalau Menggunakan Google Ads Marketing

Sebagai produk keunggulan Google, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari Google Ads marketing ini, antara lain:

Target Market yang Spesifik

Iklan yang baik adalah yang sesuai dengan target market. Agar kampanye iklan lebih mampu mengenai target market. Yang memang benar-benar membutuhkan produk tersebut.

Dengan Google Ads, Anda bisa mengatur siapa yang menjadi sasaran pasar. Dimana lokasi, berapa rentang umurnya, jenis kelamin, hingga minat dan bakatnya.

Semua perlu dilakukan untuk memastikan bahwa iklan yang Anda pasang memang telah menyasar konsumen yang sesuai.

Misalkan akan memasang iklan untuk produk gadget. Maka setting iklan sesuai dengan calon konsumen yang diinginkan.

Seperti umur antara 15 hingga 60 tahun, laki-laki dan perempuan, aktif di media sosial, hobi foto dan membuat video, lokasi seluruh Indonesia, dan seterusnya. Jika telah diatur seperti ini, iklan hanya akan ditampilkan pada audiens dengan kriteria tersebut.

Biaya Sesuai Budget

Tidak seperti memasang iklan di televisi, koran, baliho, dan spanduk di ruang publik yang membutuhkan biaya besar. Google Ads memungkinkan memasang iklan dengan biaya yang sangat terjangkau. Bahkan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Terlebih lagi untuk UMKM dengan modal yang minim. Iklan Google memungkinkan untuk menjangkau target lebih luas. Sehingga tidak menutup kemungkinan mampu menyaingi pesaing dari perusahaan besar.

Ada banyak paket iklan yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan finansial. Namun ada satu hal yang perlu diingat. Semakin besar budged iklan maka semakin luas target market yang bisa didapatkan.

Jadi pastikan mengatur besarnya biaya iklan dengan bijak. Terutama untuk settingan sasaran pasarnya. Karena dengan settingan yang tepat, dengan biaya yang rendah bisa menghasilkan konversi iklan yang tinggi.

Konversi Lebih Tinggi

Kelebihan Google Ads marketing dibandingkan dengan platform lainnya adalah konversi lebih tinggi. Tidak hanya konversi dalam bentuk Call to Action (CTA), tapi juga dalam bentuk lainnya.

Seperti pendaftaran newsletter, pembelian, pendaftaran anggota, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja. Google Ads juga memungkinkan untuk mendapatkan konversi offline seperti kunjungan ke toko offline.

Tidak hanya itu saja. Google juga menyediakan tool untuk melakukan pengukuran tersebut. Dengan fitur yang lengkap dan user friendly.

Memiliki Fitur Laporan yang Akurat

Selain fitur pengukuran, fitur laporan yang akurat bisa Anda dapatkan jika menggunakan Google Ads.

Sebagaimana diketahui bahwa laporan performa iklan sangat diperlukan untuk mengambil tindakan. Apakah akan melanjutkan iklan, merubah cara iklan, menambah atau mengurangi durasi iklan, atau menghentikan iklan sama sekali.

Dalam laporan iklan ini akan diketahui berapa jumlah klik yang didapatkan pada iklan, jumlah klik pada tombol call to action, siapa saja yang mengunjungi website, hingga berapa konversi pembelian yang Anda dapatkan.

Laporan seperti inilah yang tidak ada pada sistem iklan konvensional. Sehingga Menggunakan iklan Google Ads marketing lebih efektif dibandingkan dengan memasang iklan pada media offline.

Bisa Menggunakan Bantuan Tool

Fungsi tool adalah mengoptimalkan performa iklan yang akan dipasang. Dengan mengetahui konten seperti apa yang harus digunakan. Salah satu toolnya adalah PromoNavy Agency.

Tool ini memungkinkan untuk mengetahui teks dan konten seperti apa yang digunakan untuk pesaing. Sehingga Anda bisa merencanakan konten iklan apa yang lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing.

Ada fitur lain yang tak kalah menarik. Yaitu fitur keyword planner. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari keyword yang sesuai dengan produk. Sehingga iklan mudah ditemukan oleh audiens.

Ada juga yang namanya fitur generator. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan banyak teks iklan hanya dalam beberapa detik saja. Dan semua tool ini bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan iklan yang akan dipasang pada Google Ads marketing.

Kekurangan Google Ads Marketing

Meski memiliki banyak kelebihan, nyatanya Google Ads marketing juga memiliki banyak kekurangan, antara lain:

Terdapat Keterangan Iklan

Website yang memasang iklan Google Ads tidak bisa disembunyikan. Karena pada tampilan di SERP, ada tulisan iklan pada link website yang ditampilkan.

Mungkin bagi sebagian pengguna ini bukan masalah. Tapi sebagian lain bisa menjadi masalah tersendiri. Karena websitenya ketahuan tidak menggunakan traffic organic untuk meningkatkan rankingnya.

Terutama bagi website-website yang menawarkan jasa optimasi. Dengan menggunakan iklan Google Ads marketing, berarti jasa yang ditawarkan tidak kredibel. Karena dia sendiri juga masih menggunakan fasilitas iklan.

AdWords Premium Ternyata Masih Mahal

Google memang memberikan opsi iklan PPC atau Pay Per Click untuk konsumen dengan dana terbatas. Seperti UMKM dan sejenisnya. Dengan PPC ini, advertiser hanya membayar sejumlah klik yang didapat.

Namun ada sebagian UMKM yang merasa iklan PPC juga masih cukup mahal. Sehingga mengurungkan niat mereka untuk memasang iklan di Google. Padahal PPC adalah opsi yang paling murah.

Google memiliki opsi AdWords Premium yang cukup mahal. Biasa digunakan oleh para pebisnis kelas besar. Yang memiliki biaya besar untuk memasang iklan.

Untuk harga AdWords Premium di Eropa, Google memberi harga hingga 14 juta. Tentu harga ini terlalu tinggi bagi pebisnis kelas kecil seperti UMKM. Jika PPC saja mahal, apalagi dengan AdWords Premium?

Pembayaran Masih Menggunakan Paypal atau Kartu Kredit

Dan ini adalah kelemahan yang sering dikeluhkan oleh para pebisnis kecil. Google hanya menyediakan opsi pembayaran menggunakan kartu kredit dan Paypal saja. Sedangkan sebagian besar pengusaha kecil tidak menggunakan sistim pembayaran ini.

Tapi beruntung Google menambah satu lagi sistim pembayaran. Yaitu menggunakan sistim deposit dana yang lebih ringan dan terjangkau.

Itulah kelebihan dan kelemahan Google Ads dibanding iklan lainnya. Bagi orang yang tidak memahami sistimnya, memasang iklan di Google memang agak sedikit ribet. Tapi tak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan jasa pihak ketiga.

Yaitu jasa Google Ads marketing. Dengan menggunakan jasa mereka, Anda tinggal duduk atau mengerjakan aktivitas lainnya. Iklan Google yang Anda pasang akan bisa langsung jalan. Lengkap konten serta target market yang relevan dengan bisnis.

Tidak sulit untuk menemukan Google Ads Marketing agency ini. Mereka biasanya memasang iklan di social media marketing. Atau bisa juga menemukannya langsung di mesin pencarian Google.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down