Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan

10 Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan Ini Mudah dan Murah

September 4, 2022
No comments
Share

Lagi-lagi membahas tentang digital marketing. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan testimoni pelanggan. Secara testimoni ini sangat diperlukan untuk memberi kepercayaan pada pelanggan baru. Namun ternyata tidak semua pembeli mau memberikan testimoninya.

Memang ada sebagian pelanggan yang dengan sukarela memberi testimoni. Entah karena memang sebentuk rasa kejujuran atas pengalaman menggunakan produk Anda, atau memang karena hanya ingin sekedar membantu saja.

Namun apapun alasan yang mereka berikan, testimoni tetaplah penting untuk keberhasilan bisnis online. Ingin tahu bagaimana caranya? Baca terus artikel ini hingga selesai.

Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan dengan Mudah

Ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak jalan juga sebagai cara mendapatkan testimoni pelanggan dengan mudah. Berikut 10 di antaranya:

Meminta di Waktu yang Tepat

Untuk mendapatkan real testimoni, sebaiknya mintalah pelanggan memberikannya di waktu yang tepat. Yaitu setelah mereka menerima paket dan menggunakan produk tersebut.

Baca Juga: Pahami Ini untuk Kesuksesan Bisnis, Mengapa Lead Generation Penting?

Biasanya mereka akan senang hati memberikan testimoni saat paket datang dengan tepat waktu. Tidak hanya itu saja. Testimoni yang akan Anda dapatkan juga lebih positif.

Jika belum juga memberikan testimoni setelah menerima paket, Anda masih memiliki kesempatan untuk memintanya. Yaitu sebelum laporan kwartalan. Fungsinya adalah sebagai laporan berkala terkait jumlah penjualan pada satu kwartal terakhir.

Gunakan Cara Sesuai Kebutuhan

Ada dua cara mendapatkan testimoni pelanggan, yaitu cara manual dan cara otomatis.

Cara otomatis adalah menggunakan robot digital seperti yang sering digunakan untuk membalas pesan secara otomatis. Sedangkan cara manual adalah mengirim direct message ke pelanggan. Meminta agar mereka memberikan testimoni.

Dua cara ini memiliki kelebihan masing-masing. Cara otomatis akan lebih hemat waktu. Tapi jika ingin lebih mendekatkan diri dengan pelanggan, sebaiknya menggunakan cara manual.

Menggunakan Hadiah

Memang ada pelanggan yang sukarela memberikan testimoninya. Terutama mereka yang merasa sangat puas dengan pelayanan toko dan kualitas produk. Namun ada pula yang malas memberikan testimoni.

Alasannya beragam. Tapi kebanyakan karena memberi testimoni tidak mendapatkan benefit apapun.

Jika ini yang terjadi, cobalah memancing mereka dengan memberikan hadiah. Dengan cara ini biasanya akan lebih banyak pelanggan yang memberikan testimoninya. Dan kabar baiknya lagi, hadiah bisa menghasilkan testimoni positif yang lebih banyak dibandingkan dengan testimoni negatif.

Contoh hadiahnya juga beragam. Mulai dari diskon dengan nilai tertentu untuk pembelian selanjutnya, hingga kesempatan untuk memenangkan undian dengan hadiah yang menggiurkan. Jadi pandai-pandailah mencari cara give away yang menarik untuk pelanggan.

Berikan Beberapa Pilihan

Jika mereka malas menulis atau tidak terlalu suka dengan konten tulisan, Anda bisa mencoba membuat opsi lainnya. Seperti memberikan testimoni dalam bentuk video. Atau langsung diwawancarai oleh Admin secara daring.

Khusus dalam bentuk video, Anda juga bisa menambahkan dengan iming-iming hadiah. Seperti video testimoni terbaik dan terlucu akan mendapat produk dari seller gratis tanpa ongkos kirim.

Dengan cara ini biasanya pelanggan akan berbondong-bondong memberikan testimoni dengan segera. Atau jika ingin lebih cepat terkumpul, beri batasan waktu untuk lomba membuat video testimoni.

Menggunakan Pertanyaan yang Simpel

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah memberikan pertanyaan yang sederhana. Namun tetap berkesan untuk pelanggan.

Satu gambaran contoh, "Pengalaman paling mengesankan apa yang Anda dapatkan setelah menggunakan produk dari kami."

Atau, "Apa yang Anda rasakan setelah mencoba pelayanan yang kami berikan."

Dengan nada yang sopan dan profesional, maka pembeli akan segera memberikan jawaban yang bisa Anda gunakan sebagai testimoni terbaik.

Baca Juga: Pentingnya Testimoni Pelanggan Tidak Diragukan Lagi, Berikut Ini 6 Jenisnya

Ada Halaman Khusus Testimoni

Bagi Anda yang membuka toko online dengan website, bisa memberikan halaman khusus untuk testimoni. Terutama jika telah banyak pernyataan jujur dari pelanggan yang terkumpul.

Selain bisa digunakan sebagai koleksi testimoni, laman khusus ini juga akan mempermudah audiens menemukan real testi yang mereka cari. Usahakan halaman mudah dijangkau. Atau kalau perlu tempatkan pada beranda atau halaman pertama website Anda.

Cara mendapatkan testimoni pelanggan seperti ini telah banyak digunakan oleh perusahaan besar dan terbukti berhasil. Anda berminat melakukannya? Jika iya, gunakan desain yang menarik. Agar audiens tidak bosan membaca testimoni tersebut.

Meminta Referral

Yang dinamakan dengan referral adalah sebuah strategi marketing dari satu orang ke orang lainnya agar lebih banyak lagi yang mau menggunakan brand Anda.

Sebagai seller, Anda bisa bertanya dan meminta pendapat dari konsumen. Kira-kira siapa saja yang bisa menggunakan produk ini. Selain mendapat testimoni, Anda juga bisa mengetahui siapa target market berikutnya.

Menggunakan Backlink

Apa itu backlink? Yaitu tautan link yang diberikan oleh orang lain. Istilah backlink ini biasanya ada pada konten-konten website. Namun Anda juga bisa menggunakannya untuk memperoleh dan memperkuat testimoni.

Caranya adalah dengan menggunakan link akun sosial media atau website dari customer. Cara ini cukup efektif untuk membangun kepercayaan dari audiens. Karena ada link akun dari pelanggan yang bersangkutan.

Cara mendapat testimoni pelanggan ini memang lebih rumit. Tapi tidak ada salahnya Anda mencobanya.

Beri Pilihan Lainnya

Ada beberapa orang yang tidak suka menulis dengan tulisan panjang di sosial media. Alasannya beragam. Mulai dari malas hingga merasa tidak bisa menuangkan kata-kata dengan baik, runut, dan terstruktur.

Jika ini yang terjadi, cobalah menggunakan opsi testimoni lain. Seperti menggunakan kalimat dengan maksimal hanya 240 karakter. Atau boleh memberi testimoni hanya menggunakan emoticon saja. Dengan cara ini, pelanggan yang malas memberikan uraiannya akan bersedia meski tidak sukarela sepenuhnya.

Menggunakan Email

Dan ini adalah cara yang terakhir. Membuat email dan mengirimkannya secara personal kepada pelanggan. Sebut nama produk dan mention pelanggan yang sering menggunakan produk tersebut.

Cara ini akan membuat pelanggan merasa diperhatikan. Sehingga mereka mau untuk memberikan testimoni dengan sukarela. Tak hanya itu saja. Anda bisa memberi stimulus pada mereka untuk melakukan repeat order selanjutnya.

Baca Juga: Apa Saja Tujuan Beriklan Menggunakan Google Ads?

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan testimoni. Ingatlah bahwa testimoni tidak selalu datang dalam bentuk kalimat positif. Tapi ada juga keluhan, komplain, dan berbagai kalimat negatif lainnya.

Jelas ini akan merugikan seller. Karena akan mengurangi kepercayaan pelanggan baru untuk berbelanja di toko Anda. Tapi senegatif apapun testimoni yang datang, cobalah tetap menghadapinya dengan sikap yang positif. Jangan menghapus testimoni itu. Karena jika itu Anda lakukan maka akan membuat bola panas terlempar kemana-mana.

Tetap balas komentar dengan santun dan ramah. Minta maaf atas ketidaknyamanan pelanggan. Dan berjanjilah untuk mengoreksi dan memperbaiki hal-hal yang membuat kurang nyaman.

Dari beberapa cara mendapatkan testimoni pelanggan di atas Anda memilih yang mana? Pastikan sesuai dengan kebutuhan toko dan kenyamanan pelanggan. Jangan membuat pelanggan merasa terusik kenyamanannya karena selalu Anda buru untuk mengisi testimoni. Jadi lakukan dengan santai tanpa kesan memburu.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down